TOPIK TERPOPULER

Gawat! Ribuan Siswa Lulusan SD di Makassar Terancam Tidak Masuk SMP

Syamsi Nur Fadhila
Gawat! Ribuan Siswa Lulusan SD di Makassar Terancam Tidak Masuk SMP
Sejumlah calon siswa mendaftar di Sekolah SMP Negeri 20 Makassar, kemarin. Kekurangan daya tampung, 5.168 siswa lulusan SD terancam tak masuk SMP. Foto/SINDOnews/Maman Sukirman

MAKASSAR - Sebanyak 5.168 siswa lulusan sekolah dasar (SD) terancam tidak bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah menengah pertama (SMP) dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) Kota Makassar tahun 2022. Hal itu disebabkan adanya ketimpangan antara jumlah lulusan SD dengan daya tampung yang dimiliki SMP.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Muhyiddin, mengakui daya tampung SMP negeri dan swasta belum bisa mengakomodir seluruh siswa lulusan SD.

Baca Juga: Hari Pertama PPDB Makassar, Ortu Siswa Keluhkan Titik Koordinat Tak Sesuai Domisili

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Makassar, jumlah siswa lulusan SD tahun ini mencapai sebanyak 26.608. Sementara daya tampung SMP negeri hanya bisa mengakomodir 32 siswa untuk satu rombongan belajar (rombel), di mana total rombel sebanyak 380.

"Dengan demikian, jumlah daya tampung SMP Negeri sebanyak 13.680," ungkap Muhyiddin.

Sementara itu, SMP swasta hanya mampu menampung 28 siswa untuk setiap rombel, dengan total rombel sebanyak 290. Dengan demikian, total daya tampung SMP Swasta hanya 9.280.

"Artinya, ada kekurangan kuota untuk jenjang SMP sebanyak 5.168 orang. Namun kekurangan itu diasumsikan oleh anak yang berdomisili Gowa, Maros, dan Takalar yang tercatat bersekolah di Makassar," jelasnya.

Diharapkan, siswa yang tidak bisa diakomodir oleh SMP negeri maupun swasta ini, bisa tetap melanjutkan pendidikan di Madrasah Tsanawiyah atau MTs yang diakomodasi oleh Kementerian Agama.

Sementara untuk daya tampung jenjang SD, dia menyebut tidak ada persoalan. Karena jumlah sekolah yang ada bisa menampung anak yang akan masuk SD.

Diketahui daya tampung SD negeri sebanyak 23.884, sementara untuk SD swasta 6.384 orang. Sehingga total daya tampung untuk SD sebanyak 30.268.

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!