TOPIK TERPOPULER

Pemprov Sulsel Siapkan 107 Ribu Ternak Siap Kurban

Syamsi Nur Fadhila
Pemprov Sulsel Siapkan 107 Ribu Ternak Siap Kurban
Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) menyiapkan sekitar 107 ribu hewan ternak siap kurban untuk Idul Adha tahun ini. Foto/SINDOnews/Maman Sukirman

MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) menyiapkan sekitar 107 ribu hewan ternak siap kurban untuk Idul Adha tahun ini. Jumlah ini meningkat dari total pemotongan hewan kurban tahun lalu yang hanya berkisar 45 ribu.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel, Nurlina Saking, mengungkapkan total hewan kurban yang disiapkan sebanyak 107.142 ekor yang tersebar di 24 kabupaten/kota se-Sulsel.

Baca Juga: Stok Hewan Kurban Sulsel Aman Tahun Ini, Siap Juga Suplai Daerah Lain

Jumlah itu terdiri atas hewan ternak sapi, kambing, dan kerbau. Sapi kurban disiapkan sebanyak 72.566 ekor, kambing sebanyak 32.390 ekor, dan kerbau sebanyak 2.186 ekor.

Jumlah hewan yang disiapkan ini meningkat cukup banyak dari total hewan yang dikurbankan pada tahun lalu yang hanya mencapai 45.395 ekor. Rinciannya, sapi sebanyak 40.892 ekor, kambing 4.451 ekor, dan kerbau 52 ekor.

"Jadi masih ada selisih, kami masih punya stok. Juga masih ada ternak dari daerah yang bebas PMK (penyakit mulut dan kuku). Kami masih menerima dari daerah Nusa Tenggara Timur (NTT)," ungkap Lina, sapaan akrabnya.

Dia mengatakan, pihaknya sudah mulai melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak jelang Iduladha. Selain itu, lalu lintas hewan ternak juga diawasi ketat dengan menutup akses bagi hewan ternak dari daerah yang terkena wabah PMK.

"Di setiap kabupaten kota sudah dilakukan pemeriksaan hewan kurban. Dari sebulan sebelumnya itu sudah start melakukan pemeriksaan," jelasnya.

Selain itu, pemerintah daerah setempat juga diminta bekerja sama dengan pihak terkait, seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia, dan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) untuk melakukan sosialisasi kepada pengurus masjid agar melakukan pengawasan dan pemeriksaan saat pemotongan hewan kurban.

Baca Juga: Idul Adha Tahun Ini, Sulsel Siapkan 42 Ribu Sapi Kurban

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!