Yayasan Hadji Kalla Hadirkan Program Kampung Hijau Energi

Rabu, 29 Juni 2022 - 18:02 WIB
loading...
Yayasan Hadji Kalla Hadirkan Program Kampung Hijau Energi
Yayasan Hadji Kalla menghadirkan program Kampung Hijau Energi untuk mendorong transisi energi terbarukan. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Yayasan Hadji Kalla (YHK) terus melakukan inovasi melalui berbagai programnya di pedesaan. Salah satunya mendorong transisi energi terbarukan melalui Kampung Hijau Energi.

Kampung Hijau Energi merupakan pengembangan dari Program Kampung Iklim (Proklim) yang sukses digelar tahun lalu. Program tersebut telah memasuki tahap persiapan yang dicanangkan berjalan di pertengahan tahun ini.



Adapun syarat utama bagi calon pemanfaat program Kampung Hijau Energi, paling tidak kelompok tani ternak memiliki 3 ekor sapi dan komitmen membuat kandang bila tidak memiliki kandang. Program ini kembali dilanjutkan dengan melihat hasil evaluasi pelaksanaan tahun lalu yang menunjukkan hasil positif di Desa Simbang dan Desa Sambueja, Kabupaten Maros.

"Pertama, bagaimana desa tersebut memberikan komitmen untuk mengembangkan pilot project. Kemudian, memasukkan 3-4 perencanaan membangun reaktor biogas bagi keluarga yang tertarik. Selain itu, mereka juga menginisiasi lokasinya sebagai sentra edukasi hingga sampai sekarang sudah banyak kelompok-kelompok tani ternak yang datang dari kecamatan lain," pungkas Sapril.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7032 seconds (0.1#10.140)