TOPIK TERPOPULER

Lepas JCH Asal Papua, Fathurrahman Ingatkan Muhasabah Diri Demi Raih Haji Mabrur

Najmi S Limonu
Lepas JCH Asal Papua, Fathurrahman Ingatkan Muhasabah Diri Demi Raih Haji Mabrur
Kepala Bidang Pembekalan PPIH Embarkasi Makassar, Faturrahman, melepas secara resmi keberangkatan JCH asal Provinsi Papua ke Tanah Suci Mekkah, Rabu (29/6/2022). Foto/SINDOnews/Najmi Limonu

MAKASSAR - Kepala Bidang Pembekalan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, Faturrahman, melepas secara resmi keberangkatan JCH asal Provinsi Papua ke Tanah Suci Mekkah, Rabu (29/6/2022).

Dalam sambutannya pada prosesi pelepasan yang digelar di Aula Mina Asrama Haji Makassar, Faturrahman berpesan kepada 393 JCH asal Papua, yang tergabung dalam kloter 15 agar bermuhasabah diri dan meluruskan niat.

Baca Juga: Lepas 195 JCH, Sekkab Gowa Doakan jadi Haji Mabrur

"Bapak ibu silahkan bermuhasabah atau introspeksi diri, bahwa tujuan bapak ibu berangkat ke tanah suci adalah murni untuk beribadah menunaikan rukun islam yang kelima. Dengan demikian bapak ibu akan fokus untuk melaksanakan rukun dan wajib haji sehingga harapan untuk meraih predikat haji mabrur bisa dicapai," ucap dia.

Dikatakan, niat jemaah ke tanah suci tentunya adalah untuk beribadah, olehnya itu ia meminta agar jemaah memperbaiki niat. "Innamal A'malu binniyati, segala perbuatan bergantung pada niatnya. Jadi jangan karena ingin dipanggil Puang Haji sehingga bapak ibu ingin ke tanah suci tapi murni karena niatnya untuk beribadah," terangnya.

Terakhir, Faturrahman mengimbau jemaah untuk tetap menjaga kekompakan, kerjasama dan menyadari bahwa jemaah asal Papua adalah duta-duta bangsa Indonesia. "Jemaah Indonesai dikenal ramah dan tidak pernah melakukan perbuatan tercela di tanah suci, olehnya itu jaga nama baik Papua, jaga nama baik Indonesia di mata dunia," pungkasnya.

Baca Juga: Memperoleh Haji Mabrur Tak Harus Berangkat ke Tanah Suci

Untuk diketahui, JCH asal Provinsi Papua ini beejumlah 393 jemaah, dengan rincian JCH asal Kota Jayapura 128 orang, Kab. Mimika 150 orang, Kab. Jayapura 25 orang, Kab. Nabire 56 orang, Kab. Jayawijaya 10 orang, Kab. Asmat 10 orang, Kab. Paniai 3 orang, Keerom 5 orang, Biak 1 orang dan Kab. Deiyai 1 orang ditambah 4 petugas kloter.

Prosesi pelepasan JCH kloter 15 ini turut dihadiri Kepala Bidang Haji dan Bimas Islam Kanwil Kementerian Agama Prov. Papua Musa Narwawan bersama Kepala Pencegahan Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Selatan Muslimin B. Putra.



(tri)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!