TOPIK TERPOPULER

OPD Kabupaten Maros Kumpulkan 27 Ternak Sapi untuk Kurban

Najmi S Limonu
OPD Kabupaten Maros Kumpulkan 27 Ternak Sapi untuk Kurban
Puluhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Maros, menyumbang 27 ekor sapi kurban di hari Raya Idul Adha. Foto: Sindonews/Najmi S Limonu

MAROS - Puluhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Maros,  menyumbang 27 ekor sapi kurban di hari Raya Idul Adha nanti. 

Bupati Maros, Chaidir Syam mengatakan, kemungkinan jumlah sapi yang akan dikurbankan masih bertambah. Mengingat waktu pelaksanaan idul Adha masih ada sepekan. 

Baca Juga: Rampungkan Pendataan, Pemkab Maros Pertimbangkan Berlakukan PSBB

"Ini baru sementara didaftar, kemungkinan akan bertambah hingga H-1 Idul Adha," ujar Chaidir Syam, Jumat, (1/7/2022).

Chaidir mengatakan, daging kurban nantinya akan dibagikan kepada kaum dhuafa yang ada di Kabupaten Maros. "Sasarannya telah dideteksi oleh Kabag Kesra dan Baznas. Daging kurban akan dibagikan kepada orang-orang yang kurang mampu," ucapnya.

Menghindari adanya keributan akibat daging kurban, masyarakat akan diberikan kupon. "Kupon akan diberikan kepada warga yang berhak menerima, untuk satu kupon bisa ditukarkan dengan daging kurban," jelasnya.

Untuk menghindari kerumunan, pemotongan 27 hewan kurban akan dilaksanakan di OPD masing-masing.  Lokasi penyembelihan dilakukan di OPD masing-masing dan lapangan Pallangtikang.

Begitupula yang menyembelih dipastikan harus menerapkan protokol kesehatan.

"Yang menyembelih harus memerhatikan protokol kesehatan, memakai masker dan mencuci tangan," tuturnya.

Chaidir menyebutkan, sapi yang dikurbankan kali ini pun telah dipastikan sehat. Pemerqiksaan hewan tersebut telah dilakukan untuk memastikan sapi yang siap disembelih tidak terjangkit penyakit apapun.

Baca Juga: PAN Maros Mulai Membuka Pendaftaran Calon Legislatif

"Beberapa waktu yang lalu tim Puskewan Maros juga telah melakukan pemeriksaan hewan kurban di 14 Kecamatan untuk  memastikan seluruhnya dalam keadaan sehat," tutupnya.



(agn)

TULIS KOMENTAR ANDA!