Palopo Dinilai Punya Peran Penting Dalam Kemajuan Sulsel

Minggu, 03 Juli 2022 - 18:02 WIB
loading...
Palopo Dinilai Punya Peran Penting Dalam Kemajuan Sulsel
Wali Kota Palopo Judas Amir bersama Iqbal Suhaeb, mewakili Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman dan jajaran Forkopimda Palopo, di Rapat Paripurna DPRD Palopo, dalam rangka HUT Kota. Foto: Sindonews/Chaeruddin
A A A
PALOPO - Kota Palopo , merupakan salah satu daerah di Tana Luwu yang memegang peran yang cukup strategis menunjang kemajuan Sulawesi Selatan, khususnya dalam hal perniagaan, jasa, kota transit dan pendidikan.

"Potensi wilayah ini harus dapat dimanfaatkan melalui penyediaan sumber daya manusia yang berkualitas dan infrastruktur yang baik," ujar M Iqbal Suhaeb, mewakili Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman, di Rapat Paripurna DPRD Palopo, dalam rangka HUT Kota Palopo , ke-20 di Aula Ratona Kantor Wali Kota, Sabtu, (02/07/2022).



Itu pula kata Iqbal Suhaeb, tidak lepas dari komitmen Pemprov Sulsel melalui bantuan keuangan pembangunan infrastruktur untuk pengungkit perekonomian daerah dan sebagai wujud pemerataan pembangunan yang berkeadilan.

Aksesibilitas jalan dengan Laju Harian Rata-rata (LHR) tinggi untuk memudahkan akses perekonomian dan distribusi barang dan jasa, apalagi semua sistem pergerakan barang dan jasa dalam wilayah Luwu Raya muaranya ke Palopo.

"Transit jasa hotel dan pendidikan juga semuanya di Kota Palopo , sehingga hal ini menimbulkan multiplayer effect bagi Kota Palopo. Sebagai salah satu episentrum utama pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan, Kota Palopo terus menunjukkan kinerja yang baik," sebut mantan Penjabat Wali Kota Makassar ini.

Lanjutnya, tahun 2021 tingkat pertumbuhan ekonomi Kota Palopo sebesar 5,41 persen di atas pertumbuhan ekonomi Sulsel 4,65 persen.

Demikian pula dengan jumlah penduduk miskin Kota Palopo Tahun 2021 sebanyak 15.210 orang (8,14 persen) atau urutan 3 terendah setelah Kota Parepare dan Kabupaten Barru, lebih rendah dari penduduk miskin Sulawesi Selatan 8,78 persen.

Salah satu indikator penting untuk mengukur kinerja pemerintah adalah dengan melihat keberhasilan pembangunan kualitas hidup manusia dalam bentuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Pada Tahun 2021 IPM Kota Palopo sebesar 78,38 persen, nomor 2 setelah Makassar dan berada diatas IPM Sulawesi Selatan 72,24 persen semoga di Tahun 2022 ini pencapaian target-target akan semakin baik dan tentunya semakin berkualitas dan baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)