Masjid Darul Muttaqin Makassar Akan Gelar Salat Idul Adha 2 Kali

Senin, 04 Juli 2022 - 19:23 WIB
loading...
Masjid Darul Muttaqin Makassar Akan Gelar Salat Idul Adha 2 Kali
Ilustrasi. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
MAKASSAR - Masjid Darul Muttaqin di Jalan Minasa Upa, Kota Makassar, Sulawesi Selatan akan menggelar salat Idul Adha dua kali. Masing-masing akan dilaksanakan pada 9 dan 10 Juli 2022.

Sekretaris Umum Masjid Darul Muttaqin, Zul Ishaq Nur mengatakan, penyelenggaraan Salat Idul Adha dua kali ini untuk mengakomodir keyakinan jamaah di sekitar masjid.

Baca Juga: Salat Idul Adha
"Jadi ini bukan dibilang ada yang ikut Muhammadiyah atau pemerintah, tapi ini berdasarkan keyakinan masing-masing masyarakat. Ada yang meyakini di tanggal 9 ada juga yang meyakini di tanggal 10 untuk melaksanakan Salat Idul Adha ," jelasnya.

Menurut Zul, salah satu pertimbangan pengurus Masjid Darul Muttaqin Minasa Upa mengeluarkan kebijakan tersebut, semata demi menjaga silaturahmi dan persaudaraan sesama penganut Islam.

"Ini demi menjaga tali silaturahmi antara sesama umat Islam. Kami dari pengurus ingin mengakomodir semuanya, dan tidak ingin dicap berada di kelompok satu pihak saja. Jadi, silakan datang bagi yang ingin melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid Darul Muttaqin," terang Zul.

Baca Juga: Idul Adha 2022
Sedangkan Pimpinan Pusat Muhammadiyah melalui Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 telah menetapkan Idul Adha 2022 berdasarkan perhitungan hisab jatuh pada Sabtu, 9 Juli 2022.

"Pemerintah telah tetapkan, tapi sebagian umatIslam sudah menyelenggarakan Idul Adha di 9 Juli," ujar Kepala Kanwil Kemenag Sulsel, H Khaeroni, Senin (4/6/2022).

Berbeda dengan pemerintah, Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan 10 Dzulhijjah 1443 Hijriyah atau Hari Raya Idul Adha.

Baca Juga: Salat Idul Adha
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0293 seconds (0.1#10.140)