Pemkab Maros Pusatkan Salat Idul Adha di Lapangan Pallantikang

Selasa, 05 Juli 2022 - 18:09 WIB
loading...
Pemkab Maros Pusatkan Salat Idul Adha di Lapangan Pallantikang
Ilustrasi. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
MAROS - Pemerintah Kabupaten Maros akan memusatkan pelaksanaan Salat Idul Adha di Lapangan Pallantikang, Kecamatan Turikale pada hari Minggu 10 Juli 2022 mendatang.

Keputusan ini sehubungan dengan rukyatul hilal yang dilakukan pada Rabu 28 Juni lalu. Tim Rukyatul Hilal Nahdlatul Ulama di bawah koordinasi Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, menetapkan Idul Adha 1443 Hijriah jatuh pada Minggu 10 Juli.

Baca Juga: AS Chaidir Syam
"Tapi, untuk pelaksanaan di tingkat kecamatan dan kelurahan bisa dilaksanakan di masjid sesuai keputusan bersama," kata Bupati Maros, Chaidir Syam saat dikonfirmasi tadi, Selasa (5/7/2022).

Chaidir menyebutkan, yang ditunjuk sebagai Imam dalam pelaksanaan Salat Idul Adha ini adalah Imam Masjid Al-Markaz, Saharuddin. Sementara untuk khatib yakni Ketua Baznas Maros, Said Patombongi.

Untuk menghindari kemacetan usai pelaksanaan Salat Idul Adha, kata Chaidir , nantinya pihak kepolisian akan melakukan rekayasa lalu lintas.

"Kemacetan tentunya tidak bisa terhindarkan. Namun kami sudah melakukan koordinasi dengan Polres, dan mereka akan berjaga dan melakukan rekayasa lalu lintas," tutupnya.

Baca Juga: Muhammadiyah
Ketua Muhammadiyah Maros, Amin Duddin mengatakan hari Arafah atau 9 Zulhijjah jatuh pada Jumat 8 Juli 2022. Sehingga 10 Zulhijjah atau Idul Adha, jatuh pada Sabtu 9 Juli 2022.

Dia menyebutkan, Hal tersebut tertuang dalam Maklumat Nomor 01/MLM/I.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 H.

"Kami warga Muhammadiyah Maros tetap mengikuti keputusan pimpinan pusat Muhammadiyah yang menetapkan 30 juni 2022 adalah 1 Dzulhijjah 1443H berarti 9 Juli 2022 adalah lebaran Idul Adha," katanya.

Untuk pelaksanaan Salat Idul Adha bagi Muhammadiyah di Maros akan dipusatkan di Masjid Ta'mirul, Kecamatan Turikale, Maros.

Baca Juga: Muhammadiyah
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2745 seconds (0.1#10.140)