TOPIK TERPOPULER

Pemkab Lampung Selatan Belajar Program Kota Sehat di Parepare

Darwiaty Dalle
Pemkab Lampung Selatan Belajar Program Kota Sehat di Parepare
Kota Parepare menjadi Lokus Tim Kota Sehat dari Kabupaten Lampung Selatan, untuk melakukan studi terkait kiat dan trik dalam penyelenggaraan program Kota Sehat. Foto/SINDOnews/Darwiaty Dalle

PAREPARE - Kota Parepare menjadi Lokasi Fokus (Lokus) Tim Kota Sehat dari Kabupaten Lampung Selatan, untuk melakukan studi terkait kiat dan trik dalam penyelenggaraan program Kota Sehat.

Rombongan Tim Kota Sehat Lampung Selatan diterima Asisten I Bidang Pemerintahan Setdako Parepare, Amina, di ruang data Balai Kota Parepare, Rabu (6/7/2022).

Baca Juga: Parepare Kembali Incar Predikat Wistara Kota Sehat

Tenaga Fungsional Bidang Kesehatan dan Olahraga Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Rahman, mengatakan Parepare jadi lokus studi terkait sektor kesehatan, karena Parepare memiliki nilai plus yang menarik.

Hal inilah, kata dia, sehingga pemerintah kabupaten melalui tim kota sehat Lampung Selatan memilih Parepare sebagai lokus adalah karena sudah keempat kalinya Parepare mendapatkan penghargaan Kota Sehat tertinggi di tingkat nasional.

“Dilihat topografi, Parepare hampir sama dengan Lampung Selatan karena letaknya di pinggir pantai. Apa yang kami pelajari di Parepare akan coba kami terapkan dan kembangkan di Lampung Selatan menuju Kabupaten Kota Sehat tingkat Nasional,” papar Rahman.

Ia menambahkan, kunjungan sehari di Parepare akan dimanfaatkan melihat dari dekat dan mempelajari tujuh tatanan Kota Sehat di Parepare.

Di antaranya, kata dia, mengunjungi, Call Centre 112 Terintegrasi Parepare yang merupakan Tatanan Kehidupan Masyarakat Sehat Mandiri.

Baca Juga: Pengawasan Pangan Sehat di Kota Parepare Diperketat

Selain itu, kata Rahman lagi, Parepare juga memiliki Sekretariat CallNak Centre (Tatanan Ketahanan Pangan dan Gizi), inovasi JetStar dan Bank Sampah Peduli di Kecamatan Ujung (Tatanan Pemukiman dan Sarana Prasarana Umum Sehat), Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun (Tatanan Tertib Lalu Lintas dan Perhubungan/Pariwisata Sehat), Puspaga PeduliTa/Pusat Oleh-oleh Parepare (Tatanan Kehidupan Sosial Sehat/Perindustrian dan Perkantoran Sehat).

"Seluruhnya berkesempatan kami kunjungi. Dan kunjungan terakhir yaitu di Sekretariat Forum Kota Sehat Parepare, yang merupakan indikator umum,"tutupnya.



(tri)

TULIS KOMENTAR ANDA!