TOPIK TERPOPULER

Tim Sekretariat Wapres Lakukan Analisa Program Asuransi Peternakan di Bantaeng

Eky Hendrawan
Tim Sekretariat Wapres Lakukan Analisa Program Asuransi Peternakan di Bantaeng
Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Setwapres RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bantaeng, Rabu (6/7/2022). Foto/Dok Pemkab Bantaeng

BANTAENG - Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pembangunan Ekonomi dan Peningkatan Daya Saing Sekretariat Wakil Presiden (Wapres) RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bantaeng, Rabu (6/7/2022). Kunjungan ini dilakukan untuk melakukan analisa terkait dengan program asuransi peternakan di daerah berjuluk Butta Toa.

Tim Sekretariat Wapres dipimpin langsung oleh Asisten Deputi lnfrastruktur Ketahanan Energi dan Sumber Daya Alam Sekretariat Wapres, Sri Prastiwi Utami. Mereka diterima langsung oleh Bupati Bantaeng, Ilham Azikin, di Rumah Jabatan Bupati Bantaeng.

Baca Juga: OJK Beri Penghargaan Pada Program Asuransi Pertanian Bantaeng

"Kunjungan ini untuk memberikan dukungan analisis kepada Wakil Presiden terkait subbidang peternakan," kata Sri.

Dia mengaku datang ke Bantaeng setelah mendapat informasi mengenai Program Jempol Asik Peternak (Jemput Bola Asuransi Ternak Sapi untuk Jaminan Kehidupan Peternak) di Bantaeng. Program ini diketahui menjadi salah satu program terbaik nasional yang berhasil melindungi peternak.

"Kemarin program ini berhasil meraih penghargaan sebagai program inovasi terbaik nasional. Oleh karena itu, kami mencoba melakukan analisis agar bagaimana program ini bisa menjadi masukan untuk pemerintah pusat," jelas dia.

Dia juga mengaku ingin melihat dari dekat tentang dampak dari program asuransi peternakan ini sehingga bisa ikut dalam upaya pengentasan kemiskinan. "Kita ingin melihat dari dekat efek dan dampak dari program ini," tuturnya.

Bupati Bantaeng, Ilham Azikin, mengatakan program ini menjadi salah satu upaya memberikan kepastian terhadap masyarakat Bantaeng yang berprofesi sebagai peternak. Dia menyebut peternak di Bantaeng sangat terlindungi berkat asuransi peternak ini.

Dia mengatakan Bantaeng menjadi salah satu daerah yang paling cepat melakukan recovery pasca pandemi Covid-19. Hal itu terlihat dari pertumbuhan ekonomi Bantaeng yang paling besar di Sulsel.

Baca Juga: Teken MoU Asuransi Pertanian, Bantaeng Komitmen Sejahterakan Petani

"Sektor-sektor yang mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi ini di antaranya adalah pertanian dan peternakan. Di sektor peternakan, peternak kita terlindungi berkat asuransi peternakan ini," jelas dia.

Bupati Ilham menambahkan, program Jempol Asik juga berhasil mendorong percepatan Inseminasi Buatan (IB) untuk peternak. Alasannya, peternak tidak perlu ragu lagi ternaknya mati karena IB. "Karena sudah diasuransikan, jadi peternak tidak perlu lagi ragu," jelas dia.



(tri)

TULIS KOMENTAR ANDA!