Suhartina Siap Jadikan Mallawa Kota Penghasil Kopi Andalan di Maros

Kamis, 07 Juli 2022 - 17:21 WIB
loading...
Suhartina Siap Jadikan Mallawa Kota Penghasil Kopi Andalan di Maros
Wakil Bupati Maros, Suhartina saat menghadiri penyerahan dan penanaman perdana bantuan bibit kopi di Desa Barugae, Kamis (7/7/2022). Foto: SINDOnews/Najmi S Limonu
A A A
MAROS - Wakil Bupati Maros, Suhartina Bohari berencana menetapkan Kecamatan Mallawa sebagai kota kopi di Kabupaten Maros.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri penyerahan dan penanaman perdana bantuan bibit kopi oleh Dinas Pertanian Sulsel kepada kelompok tani Mattiro Walie, di Desa Barugae, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Kamis(7/6/2022) siang.

Baca Juga: Suhartina
"Saya melihat Maros itu 14 kecamatan, dengan visi misi kami bahwa kemarin itu setiap desa harus punya satu komodistas unggulan, sehingga saya menetapkan bahwa Mallawa sebagai kota kopi khusus Kabupaten Maros," katanya.

Ia melanjutkan, bagi siapa pun nantinya yang ingin menikmati kopi di Maros, wajib ke Kecamatan Mallawa yang sebentar lagi juga akan dijadikan sebagai objek wisata kopi, kebun kopi, dan menjadi sarana edukasi kopi masyarakat yang ingin mempelajari terkait kopi secara detail.

"Alhamdulillah hari ini dapat bantuan lagi dari provinsi untuk kopinya saya sangat berterimakasih. Mudah-mudahan bibit kopi yang disalurkan hari ini, tahun depan sudah bisa kita nikmati kopinya," terangnya.

Melalui pertemuan ini, Suhartina pun berpesan agar sebelum bibit kopi tersebut berbuah, sebisa mungkin para petani dibina terlebih dahulu. Sehingga, nanti pada saat memasuki masa panen bisa menikmati hasil yang maksimal.



Sejauh ini jenis kopi yang sudah dibudidayakan oleh petani di Kecamatan Mallawa ada 3 varietas unggul, yaitu rabica, robusta dan liberika.

"Cuma yang kita lihat dari segi potensinya memang paling bagus itu robusta, jenis kopi ini dipupuk atau tidak dipupuk tetap berbuah setiap tahunnya," ujar Ketua Asosiasi Petani Kopi Mallawa.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8065 seconds (0.1#10.140)