Kolesterol Tinggi Saat Momen Idul Adha? Konsumsi 5 Buah Ini

Minggu, 10 Juli 2022 - 11:07 WIB
loading...
Kolesterol Tinggi Saat Momen Idul Adha? Konsumsi 5 Buah Ini
Apel merupakan salah satu buah yang dapat dikonsumsi rutin untuk menurunkan kolesterol. Foto/Eat This
A A A
MAKASSAR - Peringatan hari raya Idul Adha identik dengan budaya berkumpul bersama keluarga besar dan menikmati hidangan khas lebaran. Biasanya makanan yang disajikan cenderung berminyak dan berlemak.

Dibalik kelezatan hidangan khas lebaran, ada kolesterol yang mengintai. Nah, untuk mengontrol kolesterol yang tinggi saat momen Idul Adha, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Menurut sebuah penelitian, ada berbagai macam buah yang dapat membantu menjaga kadar kolesterol baik. Beberapa buah memiliki kandungan serat yang tinggi, yang membantu mengurangi kadar kolesterol secara signifikan.



1. Apel

Ada beberapa alasan mengapa apel dikenal dapat membantu mengontrol kadar kolesterol tinggi. Serat pektin apel, bersama dengan unsur-unsur lain seperti polifenol antioksidan, menurunkan kadar kolesterol LDL berbahaya dan memperlambat oksidasi, yang merupakan faktor risiko aterosklerosis, penyakit yang ditandai dengan arteri yang mengeras.

2. Alpukat

Alpukat adalah buah lain yang dapat membantu mengurangi kolesterol. Buah ini adalah sumber lemak baik yang dapat menggantikan lemak yang tidak sehat, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

Alpukat tinggi antioksidan seperti vitamin K, C, B5, B6, E, dan asam lemak tak jenuh tunggal, yang membantu menjaga jantung tetap sehat dan menurunkan risiko stroke.

3. Tomat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)