Sapi 1 Ton Milik Jokowi Dikurbankan di Kepulauan Selayar

Minggu, 10 Juli 2022 - 15:36 WIB
loading...
Sapi 1 Ton Milik Jokowi Dikurbankan di Kepulauan Selayar
Sapi kurban milik Presiden Jokowi untuk Sulsel di sembelih di Selayar. Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Provinsi Sulawesi Selatan juga turut kebagian sapi kurban milik Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sapi tersebut dikurbankan di Kabupaten Kepulauan Selayar, dan disembelih usai pelaksanaan salat Idul Adha 1443 Hijriyah atau bertepatan dengan 10 Juli 2022.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulawesi Selatan, Nurlina Saking menyampaikan, berdasarkan arahan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, sapi dari orang nomor satu di Indonesia itu akan disembelih dan disalurkan untuk masyarakat Selayar.



"Iya, sapi bapak Presiden sudah tiba di Selayar. Sapi seberat 1.006 kilogram itu dibeli dari Kabupaten Bone," katanya.

Sebelumnya Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulawesi Selatan telah melakukan verifikasi dan pemeriksaan kesehatan terhadap sapi tersebut. Hal itu untuk menjamin bahwa sapi tersebut benar-benar sehat dan layak untuk dikurbankan.

Sementara itu, Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman berkurban sebanyak 12 ekor sapi. Hewan kurban itu disalurkan ke beberapa kabupaten dan kota di Sulsel.

“Jumlah sapi kurban Bapak Gubernur sebanyak 12 ekor. Satu ekor sapi akan dipotong di RPH (Rumah Potong Hewan), 3 ekor sapi untuk Forkopimda, dan yang lain tersebar di beberapa wilayah seperti Makassar, Tana Toraja, Sidrap, Bone, Jeneponto, dan Luwu Timur,” ucap Kepala Biro Kesra Sulsel, Iqbal Najamuddin.

Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan 'Danny' Pomanto juga turut berkurban tahun ini. Kendati kini dia berada di Australia dalam rangka kunjungan luar negeri, Danny dan keluarga menyiapkan dua ekor sapi untuk dikurbankan.

Dua sapi itu berjenis Limousine dengan harga masing-masing berkisar Rp55 jutaan. Rencananya satu ekor disembelih di Masjid Al Markaz Al Islami, sementara satu lainnya disembelih di kediaman pribadinya, Jalan Amirullah.

Selain itu, Danny juga ikut kurban di setiap kecamatan dengan model per bagian. "Kurban di 14 kecamatan yang per bagian (satu sapi tujuh orang). Kalau kami sekeluarga kurban dua ekor sapi,” jelasnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1944 seconds (0.1#10.140)