Wabup Sidrap Minta Hindari Perselisihan Soal Perbedaan Hari Raya Idul Adha

Senin, 11 Juli 2022 - 07:12 WIB
loading...
Wabup Sidrap Minta Hindari Perselisihan Soal Perbedaan Hari Raya Idul Adha
Wakil Bupati Sidrap, Mahmud Yusuf saat membacakan sambutan seragam Bupati pada pelaksanaan salat Idul Adha tingkat Kabupaten Sidrap di Masjid Agung Pangkajene. Foto/Andi Mappanyukki
A A A
SIDRAP - Pelaksanaan salat Idul Adha tahun ini kembali diwarnai perbedaan penentuan awal bulan Dzulhijjah. Perbedaan terjadi karena adanya dua metode dalam penentuan awal bulan.

Wakil Bupati Sidrap, Mahmud Yusuf menanggapi hal itu saat membacakan sambutan seragam Bupati Sidrap pada pelaksanaan salat Idul Adha tingkat Kabupaten Sidrap di Masjid Agung Pangkajene.

"Kendati demikian, pemerintah tetap menghargai dan memberi kesempatan terhadap ormas Islam atau jamaah tertentu yang mengawali bulan Dzulhijjah berdasarkan metode dan keyakinan masing-masing," pesannya, Minggu (10/7/2022).



Menurut Mahmud, perbedaan itu jangan dijadikan masalah yang dapat menimbulkan perselisihan yang dapat mengganggu ketentraman dan keamanan dalam ikatan persaudaraan sesama kaum muslimin.

"Meskipun ada perbedaan dalam menentukan Hari Raya Idul Adha, tidak berarti rasa sukacita dalam merayakan Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban menjadi berkurang," terangnya.

Sementara khatib, Prof Abustani Ilyas memaparkan, Idul Adha yang biasa disebut lebaran haji selalu memberi makna dan pembelajaran yang sangat berharga baik secara pribadi, keluarga, maupun sebagai umat dan bangsa.

"Dan pada tanggal 24 Juni 2022, bangsa Indonesia kembali mendapatkan kuota tambahan sebanyak 10.000 meski tidak bisa dipenuhi karena mepetnya waktu dan beberapa pertimbangan lainnya," bebernya.



Di kesempatan itu juga menjelaskan, kuota haji yang diberikan Pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia tahun 2022 sebanyak 100.051 orang, beserta petugas haji yang mendampingi sebanyak 1.901 orang.

Ia selanjutnya berharap di tahun akan datang, pelaksanaan ibadah haji dapat diselenggarakan dengan suasana normal.

"Yang terpenting mendoakan agar semua saudara sebangsa dan setanah air dan seluruh umat Islam dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik dan mencapai haji mabrur," tutupnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4793 seconds (0.1#10.140)