5 Minuman Sehat untuk Turunkan Kolesterol Usai Momen Idul Adha

Senin, 11 Juli 2022 - 10:42 WIB
loading...
5 Minuman Sehat untuk Turunkan Kolesterol Usai Momen Idul Adha
Susu kedelai merupakan salah satu minuman yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Foto/Timesofindia
A A A
JAKARTA - Peringatan Hari Raya Idul Adha identik dengan berkumpul bersama keluarga besar ditemani hidangan khas lebaran, utamanya olahan daging sapi dan kambing.

Meskipun sehat dikonsumsi karena kaya protein yang dibutuhkan tubuh, tapi mengonsumsinya secara berlebihan bisa menimbulkan efek buruk, seperti naiknya kolesterol jahat.

Untuk mencegah lonjakan kolesterol saat Idul Adha, Anda bisa mengonsumsi minuman sehat yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Sebagaimana MNC Portal Indonesia rangkum dari Medical News Today, Minggu (10/7/2022).



1. Teh hijau

Teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan. Hal inilah yang kemungkinan membantu menurunkan LDL dan kadar kolesterol secara total. Selain itu, kafein dalam teh hijau juga dapat membantu meningkatkan kadar High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Anda bisa mengonsumsi dua cangkir teh hijau dalam sehari untuk merasakan manfaatnya. Selain menurunkan kolesterol, teh hijau juga bermanfaat menurunkan berat badan, risiko diabetes, dan menjaga fungsi otak.

2. Susu kedelai

Susu kedelai memiliki kadar lemak jenuh yang rendah. Selain itu, asam amino dan isoflavon yang terkandung dalam susu kedelai juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Food and Drug Administration (FDA) pun merekomendasikan untuk mengonsumsi 25 gram per hari protein kedelai sebagai bagian dari diet rendah lemak jenuh dan menjaga kadar kolesterol.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1211 seconds (0.1#10.140)