TOPIK TERPOPULER

Data BPS Penting untuk Penajaman Program Penanggulangan Kemiskinan di Lutra

Fitra Budin
Data BPS Penting untuk Penajaman Program Penanggulangan Kemiskinan di Lutra
Wakil Bupati Luwu Utara (Lutra) Suaib Mansur saat bersilaturahmi dengan Kepala BPS di ruang kerjanya, Senin (11/7/2022) pagi. Foto/Dok Pemkab Luwu Utara

LUWU UTARA - Wakil Bupati Luwu Utara (Lutra) Suaib Mansur menekankan pentingnya data-data terperinci Badan Pusat Statistik (BPS) terkait penyusunan program dan kebijakan strategis pemerintah daerah. Termasuk soal data angka kemiskinan, kata dia, penting untuk penajaman program penanggulangan kemiskinan di Bumi Lamaranginang.

"Penajaman program dan kegiatan penting dalam penanganan kemiskinan. Untuk merealisasikan hal tersebut, kita perlu data BPS sehingga nantinya pemerintah daerah tepat dalam mengeluarkan berbagai kebijakan serta produk pembangunan," ungkap Suaib, saat bersilaturahmi dengan Kepala BPS di ruang kerjanya, Senin (11/7/2022) pagi.

Baca Juga: Suaib Mansur Beberkan Upaya Penanggulangan Kemiskinan di Lutra

Dalam pertemuan itu, kedua belah pihak selain melakukan silaturahmi, juga bertujuan membangun peningkatan kerja sama antara BPS dan pemerintah daerah. Selain itu, dibahas pula perihal data-data yang dibutuhkan dalam rangka mendukung pengambilan kebijakan strategis pemerintah daerah, termasuk angka kemiskinan di Lutra.

Sebagai Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah, Suaib meminta BPS Lutra agar tidak sekadar melakukan rilis data, semisal angka kemiskinan. Lebih dari itu, didorongnya agar juga melengkapi datanya secara terperinci, termasuk siapa dan dimana sebaran data kemiskinan tersebut.

"BPS adalah salah satu lembaga yang kredibel dalam menyajikan data. Kita berharap terjalin sinergitas, sehingga langkah-langkah strategis pemda dalam mengambil kebijakan nantinya itu berdasar kepada data yang ada," tukas mantan Kepala Dinas PUPR Lutra itu.

Baca Juga: Pemkab Lutra Fokus Lanjutkan Pembangunan Infrastruktur Jalan



(tri)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!