DP2 Makassar Temukan 1 Kasus PMK, Sapi Berasal dari Kabupaten Gowa

Selasa, 12 Juli 2022 - 20:12 WIB
loading...
DP2 Makassar Temukan 1 Kasus PMK, Sapi Berasal dari Kabupaten Gowa
Dinas Perikanan dan Peternakan (DP2) Makassar mengonfirmasi 1 kasus positif penyakit mulut dan kuku ditemukan di Kota Makassar. Foto: Sindonews/dok
A A A
MAKASSAR - Dinas Perikanan dan Peternakan (DP2) Makassar mengonfirmasi 1 kasus positif penyakit mulut dan kuku ditemukan di Kota Makassar.

Hal tersebut diketahui positif PMK usai dilakukan pengujian di laboratorium Balai Besar Veteriner Maros. Sehingga dilakukan langkah antisipasi untuk menekan penyebaran wabah yang menyerang ternak tersebut.



Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (DP2) Makassar, Evi Aprialty mengatakan, hewan ternak sapi tersebut ditemukan dijual oleh pedagang di Bukit Baruga Antang, Kecamatan Manggala.

"Hasil pemeriksaan ditemukan ada indikasi di kena PMK 1 ternak yaitu daerah Bukit Baruga," ucap Evi.

Setelah ditelusuri, sapi tersebut berasal dari Kabupaten Gowa. Evi menyebut pedagang yang menjual bukanlah peternak melainkan pedagang musiman.

"Pedagang musiman artinya pedagang yang bukan memang peternak sapi yang ada di Makassar. Dia menjual menjelang Hari Raya, jadi itu diambil dari Gowa," sebutnya.

Kecurigaan terhadap ternak itu bermula dari adanya dua sapi yang memiliki luka di bagian mulut. Tim lantas mengambil sampel darah untuk diperiksa dan memisahkan ternak tersebut dari kawanan lain.

"Luka sedikit di bibirnya tapi luka di bibir semacam sariawan. Jadi kemarin sudah ada hasilnya bahwa positif," jelas Evi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1517 seconds (0.1#10.140)