Duh! Ribuan Vaksin Covid-19 di Gudang Dinkes Maros Kedaluwarsa

Rabu, 13 Juli 2022 - 18:16 WIB
loading...
Duh! Ribuan Vaksin Covid-19 di Gudang Dinkes Maros Kedaluwarsa
Kurangnya target sasaran vaksinasi Covid-19 membuat sekitar 4.266 dosis vaksin yang ada di gudang Dinkes Maros kedaluwarsa. Foto/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Kurangnya target sasaran vaksinasi Covid-19 membuat sekitar 4.266 dosis vaksin yang ada di gudang Dinas Kesehatan (Dinkes) Maros kedaluwarsa.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Maros , Muhammad Yunus, Rabu (13/7/2022).



Menurut Yunus, ribuan dosis vaksin ini terdiri dari empat jenis yakni Coronavac, Astrazeneca, Moderna dan Covavax.

"1.036 dosis Coronavac, 2150 dosis Astrazeneca, 300 dosis Moderna dan 780 dosis Covavax," rincinya.

Yunus menyebutkan, saat ini masyarakat semakin abai untuk melakukan vaksin. Apalagi sekarang Covid-19 sudah dinggap hal biasa. Tak hanya itu, penyaluran vaksin ke kabupaten dari provinsi, jangka waktunya hampir kurang dari sebulan menjelang kedaluwarsa.

"Sebulan jelang kedaluwarsa baru dikirim dari provinsi, jadi memang harus segera disalurkan dalam waktu singkat itu," ujar dia.

Mantan Kepala Puskesmas Bantimurung ini menyebutkan berbagai upaya telah pihaknya lakukan untuk menyalurkan vaksin agar mencapai herd immunity. Mulai dari vaksinasi massal hingga upaya jemput bola bagi masyarakat pegunungan.

"Kita sudah lakukan banyak cara, bekerja sama dengan berbagai pihak untuk melakukan vaksinasi massal. Bahkan untuk masyarakat pegunungan kita datangi langsung untuk vaksin," urai dia.

Terkait pemusnahan vaksin yang kedaluwarsa itu, Yunus mengatakan, masih menunggu petunjuk teknis (juknis) dari kementerian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1932 seconds (0.1#10.140)