TOPIK TERPOPULER

9 OPD Pemkab Pangkep Diberi Akses Data Kependudukan

Muhammad Subhan
9 OPD Pemkab Pangkep Diberi Akses Data Kependudukan
Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana berfoto bersama pimpinan OPD usai meneken perjanjian kerja sama dengan Disdukcapil. Foto: Istimewa

PANGKEP - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pangkep meneken nota kesepahaman (MoU) dengan sembilan organisasi dan kecamatan, Kamis (14/7/2022).

Penandatanganan MoU antara Disdukcapil dan sembilan OPD ini disaksikan Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana.

Baca juga: Bappenas Jadikan Pangkep Major Project Pengelolaan Garam

Kepala Disdukcapil Pangkep, Arisa Hasan menjelaskan, penandatanganan perjanjian kerja sama ini terkait hak akses dan pemanfaatan data kependudukan.

Perjanjian kerja sama ini kata Arisa bertujuan sebagai basis data untuk memberikan kemudahan kepada OPD untuk mengakses data kependudukan demi kepentingan pembangunan.

Baca juga: MYL Kenalkan Potensi Wisata saat Terima Peserta Kejurnas Benteng Kupa Rally

"Setiap OPD akan diberikan hak akses berupa ID dan password. Sehingga OPD bisa mengakses data kependudukan dari kantor masing-masing," katanya.

"Jadi nantinya, verifikasi data misalnya penerima bantuan pada Dinas Sosial dapat diverifikasi langsung oleh Dinas Sosial," jelasnya.

OPD yang melakukan penandatanganan MoU di antaranya, Dinas Pendidikan, Dinas Kominfo SP, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Pemuda dan Pariwisata, Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan, Kecamatan Tondong Tallasa, Kecamatan Balocci.

Baca juga: Resmi Dilantik, PD DDI Siap Bersinergi dengan Pemkab Pangkep

Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sammana berharap, dalam penandatanganan MOU ini, sembilan OPD yang telah melakukan penandatanganan dapat semakin solid dalam hal akses data kependudukan yang semakin baik.

"Tidak ada lagi data yang beda, sembilan OPD ini harus berintegrasi dalam apa yang terdapat di capil sehingga di tahun berikutnya jauh lebih baik lagi. Data kependudukan di kecamatan itu sudah harus mencapai angka 100, data dari A sampai Z harus terintegrasi dan terupdate melalui website capil," jelasnya.





(luq)

TULIS KOMENTAR ANDA!