TOPIK TERPOPULER

103 Komunitas Lintas Hobi di Makassar Bagikan Kurban dengan Wadah Ramah Lingkungan

Tim SINDOnews
103 Komunitas Lintas Hobi di Makassar Bagikan Kurban dengan Wadah Ramah Lingkungan
Gabungan 103 komunitas lintas hobi di Kota Makassar kompak terlibat dalam kegiatan kurban bertajuk KITA Berbagi 2022, Bangkit Bersama Menjadi Pemenang. Foto/Istimewa

MAKASSAR - Gabungan 103 komunitas lintas hobi di Kota Makassar kompak terlibat dalam kegiatan kurban bertajuk 'KITA Berbagi 2022, Bangkit Bersama Menjadi Pemenang'. Daging kurban dengan wadah ramah lingkungan dibagikan kepada warga kurang mampu pada momen Iduladha 1443 Hijriah, Minggu (10/7/2022) lalu.

Sebanyak 103 komunitas tersebut tergabung dalam klub Riderhood Takalar, Riderhood Gowa, Riderhood Makassar, Riderhood Pangkep, Riderhood Maros, The Macz Man, Red Gank PSM, Laskar Ayam Jantan, Superfans Euro Makassar, Art, Bicycle, Skateboard, Band, Pemuda Kompleks, Super Friends, Superfishing, Komunitas mobil, hingga kumpulan Komunitas Pecinta Alam Jejak Natura.

Baca Juga: Stok Hewan Kurban Sulsel Aman Tahun Ini, Siap Juga Suplai Daerah Lain

Muhammad Rizal selaku koordinator kegiatan mengatakan, kurban ini merupakan bagian dari Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA). Hewan kurban berupa 16 kambing 2 ekor sapi dipotong menjadi 437 paket daging kurban dan dibungkus menggunakan daun jati.

Pada program ini, Kolaborasi KITA mengusung konsep Gerakan Ramah Lingkungan, dimana seluruh komunitas menggunakan wadah nonplastik untuk membungkus paket daging kurban yang akan dibagikan ke masyarakat.

"Daun jati ini lebih mudah kami dapat, karena di Kabupaten Maros terdapat banyak pohon jati. Beberapa anggota komunitas bertugas mencarinya sebelum pelaksanaan kurban, sedangkan untuk pengikatnya kami pakai daun enau dan daun kelapa," ujar Rizal, dalam keterangan persnya, Jumat (15/7/2022).

Seluruh proses kurban, lanjut Rizal, mulai dari pemotongan, pembungkusan, hingga distribusi dilakukan bersama oleh anggota komunitas. Distribusi kurban difokuskan pada warga kurang mampu di sekitar sekretariat masing-masing sebagai bentuk kepedulian komunitas terhadap lingkungan sekitarnya.

"Daging kurban dibagikan langsung ke rumah warga yang layak mendapatkan, ada juga ke rumah tahfidz yang berada di sekitar homebase komunitas," katanya.

Melalui KITA Berbagi 2022 bersama Kolaborasi KITA ini, Rizal berharap jiwa sosial komunitas yang ada di Makassar ikut terpanggil untuk terlibat dalam setiap aksi sosial. Dengan begitu, rasa persaudaraan dan solidaritas antarkomunitas bisa terjalin erat.

KITA Berbagi 2022 Ciptakan Rekor Baru

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!