Jelang Musim Hujan, BPBD Lutim Petakan Wilayah Rawan Banjir dan Longsor

Senin, 18 Juli 2022 - 20:54 WIB
loading...
Jelang Musim Hujan, BPBD Lutim Petakan Wilayah Rawan Banjir dan Longsor
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (DPBD) Luwu Timur memetakan wilayah rawan banjir dan longsor, setelah intensitas hujan mulai meningkat di wilayah tersebut. Foto: Ilustrasi
A A A
LUWU TIMUR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (DPBD) Luwu Timur memetakan wilayah rawan banjir dan longsor, setelah intensitas hujan mulai meningkat di wilayah tersebut.

"Saat ini kami melakukan persiapan, termasuk personel. Kami juga melakukan pengamatan satelit cuaca 1x24 jam, pemantauan titik lokasi rawan banjir dan longsor," kata Operator Pelaksana Teknis Tugas Pusdalops BPBD Luwu Timur, Asep Suyatna.



Lanjut Asep, dari pemantauan pihaknya ada beberapa Kecamatan yang rawan mendapatkan bencana banjir dan longsor. "Seperti Mangkutana, Kalaena, Wotu, Burau, dan Wasuponda," jelas Asep.

Selain itu, Asep juga mengimbau untuk masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi musim penghujan ini.

"Selalu pantau informasi-informasi bencana maupun mengenai cuaca dari instansi terkait, serta masyarakat juga diharapkan agar tidak membuang sampah sembarangan yang dapat menyebabkan tersumbatnya saluran air apabila hujan tiba," kata dia.

Asep menjelaskan, ancaman bencana selama musim penghujan ini salah satunya juga angin kencang. Dalam menghadapi angin kencang kata dia, diharapkan masyarakat tidak berada di pohon-pohon besar yang berpotensi roboh, tetap di dalam rumah sambil memantau keadaan cuaca serta masyarakat diminta untuk untuk memangkas pohon yang sudah terlalu lebat dan berdekatan dengan rumah penduduk.

"Adapun tanda – tanda akan adanya angin kencang seperti diawali dengan hujan lebat yang turun tiba–tiba disertai dengan guntur dan petir," kata dia.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2990 seconds (0.1#10.140)