Gerindra-Hanura Dorong Percepatan Pengisian Kursi Wakil Bupati Lutim

Selasa, 19 Juli 2022 - 12:31 WIB
loading...
Gerindra-Hanura Dorong Percepatan Pengisian Kursi Wakil Bupati Lutim
Partai Gerindra dan Hanura kompak mendorong percepatan pengisian kursi Wakil Bupati (Wabup) Luwu Timur (Lutim). Foto/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Partai Gerindra dan Hanura kompak mendorong percepatan pengisian kursi Wakil Bupati (Wabup) Luwu Timur (Lutim). Pasalnya sudah setahun Bupati Budiman tak memiliki pendamping.

Ketua Gerindra Lutim, Andi Baharuddin mengatakan kekosongan kursi Wabup Lutim mendesak untuk diisi agar roda pemerintahan di daerah yang dijuluki Bumi Batara Guru ini berjalan lebih optimal.

"Kita juga kasihan sama Pak Budiman, sudah setahun tak punya wakil. Makanya kita harap, agar proses pemilihan Wakil Bupati ini bisa segera dilaksanakan," kata Baharuddin saat dihubungi pada Senin (18/7/2022).



Baharuddin menilai, peran Wakil Kepala Daerah tak boleh dianggap sebelah mata. Sebab sosok Wabup juga memiliki tugas yang berbeda dengan Bupati.

"Apalagi Wabup itu memiliki tugas dalam hal pengawasan. Serta bisa memberikan masukan kepada kepala daerah dalam menentukan arah kebijakan ke depan," ujarnya.

Makanya Baharuddin mendesak agar proses pemilihan Bacawabup Lutim bisa segera berjalan. Jangan jalan di tempat. Saat ini, bola panas ada di parpol pengusung untuk menetapkan dua nama lalu diserahkan ke panitia pemilihan.

Hanya saja, 8 Parpol pengusung belum bisa menetapkan nama. Sebab Golkar belum memutuskan satu dari dua kadernya yang mendaftar, antara Taqwa Muller dan M Akbar Andi Leluasa.

"Sekarang ini persoalannya ada di Golkar. Golkar mesti mengeluarkan rekomendasi dulu, baru parpol pengusung melakukan musyawarah. Makanya Golkar harus segera menentukan siapa yang akan diusung," jelas anggota DPRD Lutim ini.

Dalam prosesnya, nama Bacawabup Lutim mengendap di parpol pengusung. Kedelapan partai ini belum memutuskan 2 dari 4 nama yang akan diserahkan ke panitia pemilihan (Panlih).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.1502 seconds (0.1#10.140)