alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Pemkot Kini Punya Truk Sampah Compactor, Dibagi untuk 5 Kecamatan

Vivi Riski Indriani
Pemkot Kini Punya Truk Sampah Compactor, Dibagi untuk 5 Kecamatan
Inilah contoh truk sampah compactor yang dimiliki Pemkot Surabaya. Kini truk jenis ini juga dimiliki Pemkot Makassar. Foto : Istimewa

MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kini punya truk sampah compactor. Truk ini dinilai jauh lebih efisien dibandingkan truk sampah konvensional yang selama ini digunakan. Baca : Rudy Djamaluddin Resmi Jadi Pj Wali Kota Makassar yang Baru

Kabag Perlengkapan Pemkot Makassar, Haidil Adha mengatakan ada lima unit truk compactor yang diadakan tahun ini. Truk itu akan digunakan sebagai percobaan untuk mengatasi masalah persampahan di Kota Makassar.

Rencananya, truk ini akan dibagikan ke kecamatan yang cakupan wilayahnya cukup luas. Seperti, Tamalate, Tamalanrea, Biringkanaya, Panakkukang, Manggala. "Sebenarnya rata-rata kecamatan butuh cuma karena hanya lima unit jadi kita pilih," ujar Haidil kepada SINDOnews.



Haidil menjelaskan daya angkut truk sampah compactor yaitu 1:3 atau bisa tiga kali lebih banyak dari truk konvensional yang ada di Makassar saat ini. Sebab, truk ini sudah menggunakan sistem press yang dapat memadatkan sampah yang dimuat.

"Sudah dilengkapi peralatan modern untuk memadatkan sampah secara otomatis di bagian bak. Sehingga air tetesan sampah bisa diminimalkan dan tidak menetes ke jalan saat proses pengangkutan," jelasnya.

Truk sampah compactor ini, kata dia, dibeli senilai Rp1,1 miliar untuk satu unit. Ia mengaku akan melihat dahulu efektivitasnya. Bila memberikan dampak besar, maka pemkot akan kembali menganggarkannya lagi. Baca Juga : Tanpa Sertifikat, Konstruksi Fisik Proyek Metro Tanjung Bunga Tak Bisa Dilanjut!

Namun, truk compactor itu belum bisa dioperasikan untuk saat ini. Belum diserahkan ke kecamatan. Masih menunggu operator penyedia memberikan training penggunaan truk tersebut. "Kita menunggu operator dari Jakarta untuk lakukan training penggunaan truknya. Cuma karena perjalanan keluar kota sekarang sulit makanya agak terhambat," tukasnya.

Camat Biringkanaya, Syahrum sangat bersyukur dengan adanya tambahan truk pengangkut sampah ini. Apalagi, kata dia, truk yang diberikan mempunyai teknologi yang lebih canggih dari truk sampah konvensional.

"Ini dapat membantu mengurangi volume sampah sampai ke TPA karena sampahnya dipress dahulu atau dihancurkan. Jadi lebih efisien dari yang ada sekarang," tandasnya. Baca Lagi : Gunakan APBD Rp100 M, Proyek Metro Tanjung Bunga Ternyata Belum Bersertifikat



(sri)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak