TOPIK TERPOPULER

Diskominfo Parepare Gelar Bimtek Pengelolaan Metadata Statistik Sektoral

Darwiaty Dalle
Diskominfo Parepare Gelar Bimtek Pengelolaan Metadata Statistik Sektoral
Suasana Bintek yang digelar Diskominfo Kota Parepare terkait Pengelolaan Data Sektoral lingkup pemkot Parepare. Foto: Sindonews/Darwiaty Dalle

PAREPARE - Dinas Komunikasi Dan Informatika (Kominfo) Kota Parepare, menggelar Bimbingan Tekhnis Pengelolaan Metadata Statistik Sektoral. Kegiatan dibuka Asisten III Pemerintah Kota Parepare, Eko W Ariyadi, di Hotel Kenari, Selasa (19/7/2022).

Eko dalam sambutannya mengtakan, kegiatan bimtek pengelolaan data Parepare, bertujuan agar seluruh data yang dikelola oleh masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), sebagai bagian dari tugas dan fungsinya itu bisa diintegrasikan.

Baca Juga: BKPSDMD Parepare Maksimalkan Layanan Kepegawaian

"Ini akan bermuara pada pengintegrasian data, terkait bagaimana merencanakan pembangunan di daerah ini, agar menjadi lebih baik lagi," kata Eko.

Untuk mencapai tujuan terkait data yang akuntabel, jelas Eko, data sebagai dasar untuk pengambilan kebijakan, dan data sebagai dasar untuk pengambilan keputusan itu sangat penting.

"Sehingga target dan capaian yang akan dituju akan benar-benar dapat diukur, transparan dan akuntabel," katanya.

Sementara Plt Kadis Kominfo Parepare, Amarun Agung Hamka mengatakan, statistik sektoral adalah statistik yang pemanfaatannya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan SKPD dalam lingkup Pemkot Parepare.

Statistik sektoral, tambah Amarun, dibutuhkan dalam rangka penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan yang merupakan tugas pokok instansi yang bersangkutan.

"Statik sektoral merupakan proses yang saling berurutan dan berkaitan, mulai dari pengumpulan data, pengorganisasian data, penyajian data, analisis data, hingga interpretasi data," tandasnya.

Baca Juga: Polres Parepare Gagalkan Penyelundupan Sabu Cair






(agn)

TULIS KOMENTAR ANDA!