Pemkab Bantaeng dan Kemenkumham Jalin Kerja sama Pelayanan Keimigrasian

Kamis, 21 Juli 2022 - 20:13 WIB
loading...
Pemkab Bantaeng dan Kemenkumham Jalin Kerja sama Pelayanan Keimigrasian
Bupati Bantaeng, Ilham Azikin menandatangani perjanjian kerja sama dengan Kemenkumham Sulsel, Kamis (21/7/2022). Istimewa
A A A
BANTAENG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng menjalin kerja sama dengan Kanwil Kemenkumham Sulsel, Kamis (21/7/2022). Kerja sama ini terkait percepatan pelayanan publik, khususnya pada sektor keimigrasian.

Usai seremoni penandatanganan nota kesepahaman, dilakukan sosialisasi soal pekerja migran non prosedural kepada seluruh camat dan kepala desa di daerah berjuluk Bumi Butta Toa ini.

Baca Juga: Bupati B
"Kehadiran Kemenkumham Sulsel di Kabupaten Bantaeng, pada akhirnya menjadi support dalam menghadirkan percepatan pelayanan bagi masyarakat, khususnya aktivitas ekonomi produktif, salah satunya di sektor perindustrian," ujarnya.

Bupati berharap, pekerja migran asal Bantaeng yang bekerja di luar negeri terjamin. Seperti, tidak mendapati persoalan hukum karena menjadi pekerja migran non prosedural.

Menurutnya, pekerja migran non prosedural akan sangat dirugikan. Mulai dari persoalan upah, ancaman deportasi, hingga kerawanan lainnya. Ilham pun tak mau jika hal tersebut terjadi kepada masyarakatnya.

"Kita tidak mau lagi terulang ada kejadian masyarakat kita harus dideportasi, masyarakat kita bersoal dengan hukum hanya karena menjadi tenaga kerja yang non prosedural dan tidak terpantau," tegas Ilham.

Lewat edukasi yang digelar Kanwil Kemenkumham Sulsel, Ilham Azikin berharap camat dan kepala desa agar menyalurkan pengetahuan itu ke masyarakat. Sehingga tak ada lagi yang abai soal kelengkapan dokumen dan persyaratan lainnya ketika ingin bekerja di luar negeri.

Baca Juga: Pemda Bantaeng
Baca Juga: Kabupaten Bantaeng
"Saya pikir Bantaeng ini cukup potensial, saya pikir Bantaeng ini, nantinya akan menjadi percontohan sehingga kita betul-betul harus bersiap bagaimana Bantaeng ini bisa tampil dari Sulsel sebagai kota yang produktif, damai dan benar-benar bisa diandalkan," jelas Liberti.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1155 seconds (0.1#10.140)