Gubernur Duga Alih Fungsi Lahan Picu Longsor di Poros Palopo-Toraja

Sabtu, 27 Juni 2020 - 14:52 WIB
loading...
Gubernur Duga Alih Fungsi Lahan Picu Longsor di Poros Palopo-Toraja
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menduga salah satu pemicu longsor di Poros Palopo-Toraja adalah adanya alih fungsi lahan. Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, menduga salah satu pemicu longsor yang menyebabkan jalan poros Palopo-Toraja terputus adalah alih fungsi lahan. Kondisi itu diperparah dengan intensitas curah hujan yang memang tinggi belakangan ini. Sebelum terjadinya bencana tersebut, Gubernur Nurdin memang sudah melakukan peninjauan.

"Sebenarnya kami sudah tinjau beberapa minggu lalu. Kita sudah lihat dan memang pada saat itu kita sudah sampaikan ke masyarakat untuk tidak lagi bermukim di sana. Mungkin salah satu penyebab, dugaan sementara, ada alih fungsi lahan di atas ditambah curah hujan yang tinggi," kata Gubernur Nurdin, Sabtu (27/6/2020).



Menurut dia, jalan yang mengalami kerusakan berstatus jalan nasional, sehingga menjadi kewenangan pemerintah pusat. Namun, akses tidak akan terganggu karena pemerintah provinsi sudah membuka jalur baru Rantepao-Bua.

"Untungnya, kita sudah buka jalur baru Rantepao-Bua, itu jauh lebih dekat, medannya juga tidak terlalu ekstrim," ungkapnya.

Ia mengaku sudah mendapat laporan dari Wali Kota Palopo dan tidak ada korban jiwa. Ia berharap Balai Jalan Nasional segera mengambil langkah strategis. "Tentu BPBD dan UPT Dinas PU juga akan segera turun kesana," pungkasnya.

(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)