Pelajar Asal Malangke Ini Terpilih Jadi Duta Anak Lutra 2020

Sabtu, 27 Juni 2020 - 19:52 WIB
loading...
Pelajar Asal Malangke Ini Terpilih Jadi Duta Anak Lutra 2020
Penganugerahan Duta Anak Luwu Utara 2020, Jumat (26/6/2020), di Aula La Galigo Kantor Bupati. Foto/Istimewa
A A A
MASAMBA - Namanya unik, Andi Oryza Sativa. Dalam bahasa latin, oryza sativa adalah nama lain dari padi, tanaman paling penting dalam peradaban manusia. Entah namanya diambil dari bahasa latin padi atau tidak, yang jelas Oryza Sativa kini menjadi salah satu Duta Anak Luwu Utara (Lutra) 2020 dari empat yang terpilih dalam acara Penganugerahan Duta Anak Lutra 2020 di Aula La Galigo pada Jumat (26/6/2020).

Oryza Sativa adalah pelajar asal UPT SMP Negeri 2 Kecamatan Malangke. Ia berhasil masuk 10 besar ajang Pemilihan Duta Anak Lutra 2020 kemudian tembus empat besar dan terpilih sebagai Duta Anak Kabupaten Luwu Utara 2020 bersama tiga pelajar lainnya, masing-masing Aswitayani Kasmin (SMA Negeri 8 Lutra), Krida Prasasti (SMA Negeri 9 Lutra), dan Fikri Rahman (SMAN 1 Lutra)

Penganugerahan Duta Anak Lutra ini dibuka Sekretaris Daerah Armiadi dan dihadiri Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Marhani Katma, dan Kepala Bagian Kesra Setda Lutra Ari Setiawan. Sekda Armiadi dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada para Duta Anak Lutra Terpilih. “Selamat buat yang terpilih. Laksanakan amanah ini dengan baik,” kata Armiadi.



Kepada finalis lainnya yang belum terpilih, Armiadi berharap mereka tetap bisa menjadi motivator bagi anak-anak lain. “Ini bukan sebuah kompetisi dalam meraih pendidikan, tapi yang paling penting anak-anakku mampu menjadi mitra pemerintah dan menjadi agen perubahan sebagai pelopor dan pelapor,” terangnya, seraya berharap anak-anak ini tetap sehat dan mengisi hari-harinya dengan gembira di tengah pandemi covid-19.

Sebelumnya, Plt. Kepala Dinas P3A, Marhani Katma, mengungkapkan bahwa proses Pemilihan Duta Anak Lutra murni diserahkan sepenuhnya kepada Forum Anak Kabupaten Lutra. Mulai dari proses pendaftaran via daring, pemilihan sampai kepada pengumuman atau penganugerahan. “Semua proses pemilihan sepenuhnya kami serahkan kepada Forum Anak Kabupaten. Kami tidak mencampuri sedikit pun,” ungkap Marhani.

Dia menambahkan seluruh peserta adalah para pelajar yang berasal dari Kabupaten Lutra mulai dari tingkat SMP sampai SMA. “Kami berharap anak-anak kita ini memiliki bakat dan kecerdasan dan kita tinggal memberikan hak-hak dari kebutuhan mereka,” pungkasnya. Sekadar tambahan, panitia juga memberikan penganugerahan Duta Anak Favorit yang jatuh kepada Asilva Ramadhana, pelajar asal UPT SMAN 3 Lutra.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1334 seconds (0.1#10.140)