Jembatan Barombong Diusul Jadi Jembatan Kembar untuk Atasi Macet

Minggu, 24 Juli 2022 - 23:39 WIB
loading...
Jembatan Barombong Diusul Jadi Jembatan Kembar untuk Atasi Macet
Jembatan Barombong yang terletak di Kecamatan Tamalate Kota Makassar terus mendapat keluhan akibat kemacetan yang kerap kali terjadi. Foto: Sindonews/Maman Sukirman
A A A
MAKASSAR - Jembatan Barombong yang terletak di Kecamatan Tamalate Kota Makassar terus mendapat keluhan akibat kemacetan yang kerap kali terjadi. Pengamat Transportasi Lambang Basri menegaskan bahwa sudah saatnya jembatan itu dibuat menjadi jembatan kembar.

Dia menuturkan, pembangunan jembatan kembar Barombong yang menghubungkan Kota Makassar dengan Kabupaten Gowa itu sudah sangat mendesak. Sebab, laju pertumbungan kendaraan saat ini begitu akseleratif.



"Di satu sisi, akses jalan dengan satu jembatan tersebut sudah sangat terbatas. Jika kewenangan ini ada di Kota Makassar (Pemkot Makassar) maka, sudah saatnya jembatan kembar dibangun Pemkot di situ,” ujar Lambang Basri.

Sekadar diketahui, akses Makassar-Gowa melalui jembatan Barombong memang sangat memprihatinkan hampir setiap sore kendaraan sepeda motor dan mobil terjebak dalam kemacetan.

“Kasihan masyarakat di sana harus selalu terlambat dan terjebak dengan kemacetan arus lalu lintas di sana setiap saat,” imbuhnya.

Sebagai solusi jangka pendek, Lambang Basri mengusulkan kepada Pemerintah Kota Makassar untuk melakukan filterisasi di jembatan tersebut. Kendaraan roda empat perlu disortir agar tak melintas pada jam-jam tertentu.

“Harus seperti itu karena kasihan di situ terjebak semuanya motor, mobil, bentor dan lain lain,” pungkasnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Makassar, Iman Hud mengungkap sejumlah penyebab lalu lintas di sekitar jembatan Barombong semakin macet.

Dia mengatakan, hal itu terjadi karena adanya penyempitan akses dan padatnya kendaraan di jam tertentu. Selain itu, ada pertigaan dari arah Jalan Sungai Jeneberang dan Jalan Metro Tanjung Bunga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1143 seconds (0.1#10.140)