Penasihat Presiden Korsel Sebut Kim Jong-un Sehat dan Masih Hidup

Senin, 27 April 2020 - 06:05 WIB
loading...
Penasihat Presiden Korsel Sebut Kim Jong-un Sehat dan Masih Hidup
Kabar terbaru kondisi Presiden Korea Utara diungkapkan penasihat kebijakan luar negeri Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in, Chung-in Moon. Foto : Istimewa
A A A
SEOUL - Kabar terbaru kondisi Presiden Korea Utara,Kim Jong-un diungkapkan penasihat kebijakan luar negeri Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in, Chung-in Moon.

Kata Chung-in Moon, diktator muda tersebut masih hidup dan dalam kondisi sehat. "Posisi pemerintah kita kuat. Kim Jong-un masih hidup dan sehat," katanya kepada Fox News, Minggu (26/04/2020), kemarin.

Menurut penasihat presiden tersebut, Kim Jong-un telah tinggal di daerah Wonsan sejak 13 April 2020."Sejauh ini tidak ada gerakan mencurigakan yang terdeteksi," ujarnya.

Pernyataan pejabat Seoul ini memecah kebekuan rumor yang telah beredar bahwa Kim Jong-un telah meninggal usai menjalani operasi kardiovaskular.

Rumor dimulai ketika Kim absen dalam perayaan ulang tahun ke-108 mendiang kakeknya yang juga pendiri Korut, Kim Il-sung pada 15 April 2020. Acara itu merupakan salah satu tanggal paling penting dalam kalender negara Korea Utara.

Kim sebelumnya tidak pernah absen dalam perayaan yang dikenal sebagai "Hari Matahari" tersebut sejak dia mengambil alih kekuasaan pada 2011 setelah kematian ayahnya; Kim Jong-il. Rumor tak mengenakkan semakin kencang ketika belum juga terlihat pada hari Sabtu ketika negaranya memperingati "Hari Militer".

Media pemerintah Korea Utara sendiri tetap bungkam tentang kesehatan dan keberadaan Kim, ketika sebagian media yang berbasis di Korsel melaporkan bahwa dia baru pulih dari operasi.

Sementara itu, situs web yang khusus memberitakan Korea Utara; 38 North, melaporkan bahwa gambar satelit menunjukkan kereta yang diyakini milik Kim Jong-un telah diparkir di Stasiun Kereta Api Kepemimpinan yang melayani kompleks resor Wonsan-nya sejak setidaknya 21 April.

Kim belum pernah terlihat di depan publik sejak 11 April, tetapi para pejabat Korea Selatan telah mempertanyakan laporan tentang kesehatan pemimpin muda tersebut. Mereka, seperti dikutip Reuters, mengatakan bahwa tidak ada kegiatan tidak biasa yang terdeteksi di Korea Utara.

Rumor kematiannya juga diramaikan oleh wakil direktur Televisi Satelit Hong Kong, Shijian Xingzou, yang mengklaim bahwa "sumber yang sangat kuat" mengatakan bahwa Kim sudah meninggal.

Shijian Xingzou memiliki 15 juta follower di media sosial China, Weibo, dan juga merupakan keponakan menteri luar negeri China.

Secara terpisah, media Jepang mengklaim Kim berada dalam "vegetative state" setelah ia menjalani operasi kardiovaskular pada awal bulan ini.

Pemerintah Korea Utara tidak pernah mengatakan siapa yang akan menggantikan Kim jika dia meninggal, tetapi para analis percaya saudara perempuannya; Kim Yo-jong kemungkinan akan mengambil alih kekuasaan sampai anak-anak Kim Jong-un tumbuh dewasa.
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0599 seconds (0.1#10.140)