PT Semen Tonasa Salurkan Kultivator untuk Bantu Petani di Sekitar Perusahaan

Senin, 25 Juli 2022 - 14:36 WIB
loading...
PT Semen Tonasa Salurkan Kultivator untuk Bantu Petani di Sekitar Perusahaan
PT Semen Tonasa bekerjasama dengan FBKB Kelurahan Bontoa melalui program Renja TJSLnya telah membagikan alat pertanian kultivator kepada kelompok tani yang ada di Samaelo, Ciddokang dan Bontoa. Foto/Dok PT Semen Tonasa
A A A
PANGKEP - Bagi petani, alat dan mesin pertanian atau alsintan memiliki peran yang sangat penting untuk sistem produksi pertanian modern yang efisien dan efektif. Banyak manfaat yang bisa dirasakan petani dalam menggunakan alsintan, mulai dari menurunkan biaya produksi, meningkatkan indeks pertanaman, meningkatkan mutu produk, menekan susut hasil, dan efektivitas kerja dari sisi waktu, tenaga dan biaya.

Hanya saja, harga serta ketersediaan alsintan yang memadai menjadi kendala bagi kebanyakan petani. Menyiasati hal, PT Semen Tonasa bekerjasama dengan Forum Pengembangan Kesejahteraan Bontoa (FBKB) Kelurahan Bontoa melalui program Renja TJSLnya telah membagikan alat pertanian kultivator kepada kelompok tani yang ada di Samaelo, Ciddokang dan Bontoa.



GM Komunikasi dan Hukum PT Semen Tonasa , Andi Muhammad Said Chalik, menuturkan bahwa pemberian bantuan alat pertanian ini bertujuan untuk membantu petani sekitar perusahaan meningkatkan produktivitas hasil taninya.

"Kultivator yang kita bagikan ke Samaelo, Ciddokang, dan Bontoa ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan terhadap para petani di sekitar PT Semen Tonasa. Setelah kami melihat, bahwa pola pengolahan sawah yang dilakukan secara manual selama ini dirasakan masih kurang efektif dan efisien. Sehingga, kami berharap dengan adanya bantuan kultivator ini dapat lebih meningkatkan produktivitas petani, yang pada akhirnya tentu saja dapat meningkatkan ekonomi mereka," kata dia, dalam keterangan persnya, kepada SINDOnews, Senin (25/7/2022).

Lebih lanjut, ia menyebut dengan penerapan mekanisasi pertanian yang tepat, diharapkan akan mampu menarik minat generasi muda untuk menekuni dan turut berpartisipasi aktif dalam mengembangkan pertanian di daerahnya di masa yang akan datang.



Sementara itu, Ketua Forum Pengembangan Kesejahteraan Bontoa (FPKB) Kelurahan Bontoa, Hasan Side, mengatakan bahwa pengolahan lahan pertanian yang biasa dilakukan oleh petani di wilayahnya pada umumnya dilakukan dengan menggunakan alat tradisional. Di mana hasil yang dicapai areal yang dikelola terbatas. Sehingga turut berdampak pada hasil produksi taninya yang kurang sesuai harapan.

Hal ini yang selanjutnya oleh PT Semen Tonasa diberikan bantuan pengadaan alat pertanian kultivator. "Alhamdulillah program tersebut sudah direalisasikan dan alatnya juga sudah diserahterimakan. Tentu saja bantuan ini sangat bermanfaat bagi petani Terima kasih Semen Tonasa," ungkapnya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2238 seconds (0.1#10.140)