TOPIK TERPOPULER

Legislator Demokrat Serukan Wisata Sekaligus Lestarikan Cagar Budaya

Syamsi Nur Fadhila

Baca juga: Rudianto Lallo Jamu Makan Malam Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel

Staf Ahli Wali Kota Makassar, Sittiara Kinang menambahkan, pemerintah kota sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan daerah. Pencatatan aset-aset kebudayaan, khususnya cagar budaya juga terus dilakukan.

Sejauh ini, yang tercatat sebagai aset kebudayaan Kota Makassar di antaranya, Museum Kota Makassar, Gereja Katedral di Jalan Kajaolalido, Gereja Immanuel di Jalan Balai Kota, Makam Diponegoro di Jalan Diponegoro, Pengadilan Negeri di Jalan Kartini, SMP Frater di Jalan Thamrin, Benteng Rotterdam di Jalan Ujung Pandang dan Apotek di Jalan Ahmad Yani.

Pencanangan Hari Kebudayaan yang ditetapkan setiap tanggal 1 April pun disebut sebagai bagian dalam pelestarian kebudayaan secara umum. Termasuk membentuk Dewan Kebudayaan.

Dewan Kebudayaan dikukuhkan melalui surat keputusan (SK) per tanggal 29 Maret 2022 dengan nomor: 1417/430. 05/Tahun 2022 tentang pembentukan tim Dewan Kebudayaan Kota Makassar periode 2022-2026.

Mereka yang ditunjuk yakni Prof Aminuddin Salle sebagai ketua, Prof Andi Ima Kesuma sebagai wakil ketua, dan Aura Aulia Imandara sebagai sekretaris.

Sedangkan anggotanya yakni Rektor Universitas Negeri Makassar, Prof Husain Syam, Kepala Dinas Kebudayaan Makassar Herfida Attas, Mukhlis Paeni, dan Prof Yusran Jusuf.

Anggota lain, Muhammad Roem, Naidah Naing, Siti Sufaidahnur, Simon Petrus, Anwar Tjahjadi, Andi Muhammad Redo Basri, dan Sofyan Setiawan.

Baca juga: Kepala Humas UNM Jadi Pembicara Sosialisasi Perda Pendidikan

Mereka diberi tugas untuk merumuskan dan merekomendasikan arah kebijakan Pemerintah Kota Makassar di bidang kebudayaan, serta memberikan saran dan pertimbangan dalam perumusan pokok pikiran pemajauan kebudayaan daerah.

halaman ke-2
TULIS KOMENTAR ANDA!