Kasus Infeksi COVID-19 di Dunia Tembus Angka 10 Juta

Minggu, 28 Juni 2020 - 16:08 WIB
loading...
Kasus Infeksi COVID-19 di Dunia Tembus Angka 10 Juta
Infeksi kasus Virus Corona diseluruh dunia sudah mencapai 10 juta kasus. Foto: Sindonews/dok
A A A
JENEWA - Kasus infeksi COVID-19 diseluruh dunia sudah mencapat angka 10 juta, dengan menewaskan hampir setengah juta sejak mewabah akhir tahun lalu.

"Angka itu kira-kira dua kali lipat jumlah penyakit influenza parah yang dicatat setiap tahun," kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Channel News Asia pada Minggu (28/6/2020).



Amerika Utara, Amerika Latin dan Eropa masing-masing menyumbang sekitar 25 persen kasus. Sementara Asia dan Timur Tengah masing-masing menyumbang sekitar 11 persen dan sembilan persen.

Sejauh ini, ada lebih dari 497 ribu kematian terkait dengan virus ini, kira-kira sama dengan jumlah kematian akibat influenza yang dilaporkan setiap tahun.

Pandemi kini telah memasuki fase baru, dengan India dan Brasil memerangi lebih dari 10 ribu kasus perhari. Kedua negara menyumbang lebih dari sepertiga dari semua kasus baru dalam seminggu terakhir.

Brazil melaporkan rekor 54.700 kasus baru pada 19 Juni. Beberapa peneliti mengatakan jumlah kematian di Amerika Latin bisa meningkat menjadi lebih dari 380 ribu pada Oktober, dari sekitar 100 ribu minggu ini.

Amerika Serikat, yang telah melaporkan kasus terbanyak, dengan lebih dari 2,5 juta kasus infekisi, berhasil memperlambat penyebaran virus pada bulan Mei. Tapi, mulai kembali terjadi peningkatan kasus beberapa pekan terakhir, khususnya di daerah pedesaan dan tempat-tempat lain yang sebelumnya tidak terpengaruh.

Secara global peningkatan jumlah kasus harian di kisaran satu hingga dua persen, jauh lebih kecil dibandingkan pada Maret lalu dengan kisaran peningkatan 10 persen setiap harinya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1988 seconds (0.1#10.140)