TOPIK TERPOPULER

Pemkab Banyumas Belajar Sistem Pendidikan Anak Usia Dini di Gowa

Herni Amir
Pemkab Banyumas Belajar Sistem Pendidikan Anak Usia Dini di Gowa
Bupati Banyumas, Achmad Husein dan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Banyumas, Erna Husein melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Gowa. Foto: Istimewa

GOWA - Bupati Banyumas, Achmad Husein dan Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Banyumas, Erna Husein melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Gowa.

Kunjungan ini dalam rangka studi komparatif terkait pendirian PAUD di wilayahnya. Kunjungan tersebut diterima oleh Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni di Baruga Kareng Pattingalloang Kantor Bupati Gowa, Jumat (29/7/2022).

Baca Juga: Target Pemkab Gowa : 845 Imam di Gowa Jadi Hafiz Quran

Menurut Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, rombongan sudah tepat memilih Kabupaten Gowa, karena daerah ini merupakan kabupaten yang menjadikan pendidikan sebagai salah satu program prioritas.

“Kabupaten Gowa merupakan salah satu daerah yang fokus pada pembangunan pendidikan. Bahkan Kabupaten Gowa sudah mencanangkan diri sebagai Kabupaten Pendidikan di Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Abd Rauf Malaganni menyebutkan ada beberapa program Pemkab Gowa di bidang Pendidikan, seperti Pendidikan Gratis, Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan, Investasi SDM Seperempat Abad, termasuk PAUD dan Sanggar Pendidikan Anak Salah (SPAS) yang sudah ada di setiap Desa dan Kelurahan di Kabupaten Gowa.

“Pendidikan PAUD formal kami sebanyak 272 lembaga, non formal adalah 201 lembaga. Kemudian yang pendidikan yang negeri sebanyak 22 lembaga dan 1 SKB, mulai beralih ke negeri pada tahun tahun 2019 itu ada bantuan dari World Bank kepada kami untuk membantu PAUD untuk dijadikan Negeri,” ungkapnya.

Sementara jumlah peserta didik PAUD Kabupaten Gowa non formal dan formal sebanyak 13.935 anak. Jumlah ini terdiri dari formal sebanyak 10.366 orang sedangkan non formal 3.559 orang. Kemudian lokasi pendirian PAUD sudah dihibahkan dan disertifikatkan oleh Pemkab Gowa.

“Kemudian Pendidik dan Tenaga Kependidikan atau PTK kami formal sebanyak 955 orang kemudian non formal 492 Orang itulah jumlah PTK kami dan PTK PNS sebanyak 246 orang,” ungkapnya.

Baca Juga: APBD Perubahan Kabupaten Gowa Rp1,8 Triliun

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!