TOPIK TERPOPULER

Dua Desa di Gowa Diharap Tembus Tiga Besar Desa Wisata di Indonesia

Herni Amir
Dua Desa di Gowa Diharap Tembus Tiga Besar Desa Wisata di Indonesia
Dua desa yang ada di Kabupaten Gowa diharapkan mampu menembus tiga besar Anugrah Desa Wisata Indonesia 2022. Foto: Istimewa

GOWA - Dua desa yang ada di Kabupaten Gowa diharapkan mampu menembus tiga besar Anugrah Desa Wisata Indonesia 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia.

Adapun kedua desa wisata itu masing-masing, Desa Wisata Manuju yang terletak di Kecamatan Manuju dan Desa Wisata Kareba Biringala di Kecamatan Barombong.

Baca Juga: Sandiaga Uno Nobatkan Desa Wisata Warna Burai Sebagai 50 Desa Wisata Terbaik

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kabupaten Gowa Tenriwati Tahri mengatakan, kedua desa tersebut saat ini sudah masuk dalam 300 besar.

"Semoga kedua desa wisata yang masuk 300 besar ini bisa masuk menjadi 50 besar, kemudian 10 besar hingga masuk ketiga besar," terangnya, di sela-sela Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata di Hotel Aryaduta Makassar, Kamis (28/07/2022).

Tenriwati mengaku sangat mengapresiasi pencapaian kedua desa tersebut. Apalagi di tahun ini, desa wisata yang kembali ikut mendaftar pada ADWI 2022 semakin membludak.

"Kita sangat berharap desa wisata yang sudah sampai ke tahap ini mampu terus maju dan berkembang. Sebab kriteria menjadi desa wisata ini memang dimulai dari tahap rintisan, berkembang, maju dan mandiri," katanya.

Dieketahui pada 2021 lalu, Desa Wisata Manuju juga sudah berhasil masuk dalam 300 desa wisata pada Anugrah Desa Wisata Indonesia 2021 dari 1.000 peserta. Selain itu, desa ini juga menerima penghargaan sebagai Peserta Binaan Kemenparekraf RI Tahun 2021.

Sementara Desa Wisata Kareba Biringala di Kecamatan Barombong bersama Desa Wisata Bissoloro di Kecamatan Bungaya, dan Desa Wisata Pao di Kecamatan Tombolo Pao masing-masing berhasil menerima penghargaan sebagai Peserta Binaan Kemenparekraf RI.

Baca Juga: Kembangkan Desa Wisata, Sandiaga Gandeng Lembaga Kemanusiaan

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!