3 Warga Barru Terkonfirmasi Positif COVID-19, Petugas Masifkan Rapid Test

Minggu, 28 Juni 2020 - 17:36 WIB
loading...
3 Warga Barru Terkonfirmasi Positif COVID-19, Petugas Masifkan Rapid Test
Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan Kabupaten Barru memberikan pelayanan rapid test gratis kepada warga. Foto: SINDOnews/Muhammad Subhan
A A A
BARRU - Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Barru mengonfirmasi tiga warga positif COVID-19 . Dua orang warga Kecamatan Balusu dan seorang warga Kecamatan Soppeng Riaja.

"Saat ini, terkonfirmasi positif di Balusu sejumlah dua orang, satu masih menjalani perawatan di Parepare sedangkan yang ASN Balusu tadi telah dijemput untuk mengikuti program wisata COVID-19 di Makassar," beber Koordinator Tim Media Tim Gugus Tugas COVID-19 Darwis Maeis, Minggu (28/6/2020).



Darwis bilang, salah seorang warga positif COVID-19 yang berstatus ASN merupakan pasien tanpa gejala.

"Sedangkan penambahan positif satu orang berasal dari Kecamatan Soppeng Riaja diketahui setelah mendapatkan konfirmasi berdasarkan PCM swab di rumah sakit Sumantri Parepare" tutupnya.

Merespons tiga kasus tersebut, petugas yang tergabung dalam Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan Kabupaten Barru langsung melakukan rapid test masif kepada warga. Saat ini, Pemkab Barru juga menjalankan pelayanan rapid test gratis. Dalam 12 hari terakhir, sudah 317 warga Barru maupun perantau yang bermukim di Barru mendapatkan pelayanan ini.



"Kita non stop melayani, sejak jam 2 sampai jam 4 sore, sejak pertama dibuka sampai hari ini TGC Dinas Kesehatan bergabung di Posko Induk Gugus Tugas melayani rapid test gratis," ujar petugas kesehatan di posko COVID-19, Silva P Sarira.

Ia mengatakan, para petugas terbagi dalam tim yang terdiri atas empat petugas, melayani suhu tubuh, mengambil sampel darah, melakukan rapid test, dan pencatatan administrasi.



"Rata-rata 30-an warga yang datang kesini tiap hari, mereka selain santri, kebanyakan perantau yang mau kembali ke tempat kerja atau juga yang mau melintas ke daerah lainnya seperti ke Jakarta," pungkasnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)