TOPIK TERPOPULER

KPU Maros Sosialisasi Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik

Najmi S Limonu
KPU Maros Sosialisasi Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Partai Politik
Komisioner KPU Kabupaten Maros saat menyosialisasikan terkait pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta Pemilu 2024. Foto: SINDOnews/Najmi S Limonu

MAROS - KPU Kabupaten Maros menggelar sosialisasi pendaftaran, verifikasi dan penetapan partai politik (parpol) peserta Pemilihan Umum anggota DPR dan DPRD, Senin (1/8/2022).

Ketua KPU Maros, Samsu Rizal mengatakan, kegiatan ini merupakan perintah dari KPU provinsi untuk menyelenggarakan rapat koordinasi, sekaligus sosialisasi pendaftaran dan verifikasi parpol, yaitu sosialisasi peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022.

Baca juga: KPU Bone Sosialisasi PKPU tentang Pendaftaran Parpol

“Jadi pendaftaran verifikasi tahapan calon peserta Pemilu 2024 itu dilaksanakan di pusat, namun untuk KPU provinsi dan kabupaten itu juga melaksanakan verifikasi faktual,” ucapnya.

Verifikasi faktual kata dia, meliputi verifikasi kepengurusan. Seperti ketua partai politik, sekretaris, bendahara, dan keterwakilan perempuan minimal 30 persen.

Baca juga: Muhammad Fauzi Bahas Pengkaderan HMI di Era Digital

"Tak hanya itu, memiliki kantor tetap partai politik yang bersangkutan juga menjadi syarat verifikasi, selain verifikasi kepengurusan juga ada verifikasi keanggotaan,” jelasnya.

Dia mengatakan, pendaftaran partai politik berlangsung mulai 1-13 Agustus. Dia menuturkan, di KPU RI, hari ini sudah ada yang mendaftar. Sudah ada belasan partai yang mendaftar. Setelah verifikasi, maka tahapan selanjutnya adalah tahapan penentuan partai yang lolos ke Pemilu 2024.

Baca juga: Relabatin Anies Segera Bentuk Struktur di Sejumlah Daerah

"Setelah ini, akan dilanjutkan dengan penentuan partai yang tidak lolos dan lolos ke pemilu 2024, kemudian pengundian nomor urut," rincinya.

Berdasarkan data sementara sejauh ini terdapat 10 parpol yang bakal mendaftar hari ini. Sepuluh partai itu adalah PDI Perjuangan, Partai Keadilan dan Persatuan, Partai Reformasi, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Nasdem, PRIMA, Perindo, PBB, PPP, dan Partai Gelora.





(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!