Gandeng Telkom Indonesia, Gowa Siap Menunju Smart City

Selasa, 02 Agustus 2022 - 09:29 WIB
loading...
Gandeng Telkom Indonesia, Gowa Siap Menunju Smart City
Penandatanganan kerjasama antara Telkom dan Pemkab Gowa, Senin (1/8/2022). Foto/Istimewa
A A A
GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus menyiapkan diri menuju smart city. Salah satunya dengan menggandeng PT Telkom Indonesia Tbk.

Hal ini ditandai dengan penandatanganan kerjasama oleh Bupati Gowa , Adnan Purichta Ichsan bersama General Manager Telkom Witel Makassar, Nuryadin Salam di Kantor Telkom Regional Makassar, Senin (1/8/2022).

Kerjasama tersebut terkait kesepakatan bersama Trial Platform Satu Data antara Pemkab Gowa melalui Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Gowa dengan PT Telkom Indonesia Tbk.



"Ini sebagai bagian menyiapkan diri menuju smart city guna mengoptimalkan potensi daerah dalam pembangunan di Kabupaten Gowa. Apalagi di era digitalisasi atau era disrupsi seluruh lini kehidupan kita sekarang sudah pada digitalisasi," ujar Adnan.

Ia mengungkapkan, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 tahun 2019, Satu Data Indonesia adalah kebijakan tata kelola data di pemerintahan untuk menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan dibagipakaikan antar instansi pusat dan instansi daerah.

Dengan pemanfaatan platform Satu Data ini maka data yang tersebar antar SKPD nantinya dapat saling terintegrasi yang bermuara pada standar kualitas dan kuantitas pelayanan publik yang menjadi pelayanan dasar kebutuhan masyarakat.

Sementara untuk SKPD yang terintegrasi dalam implementasi Satu Data ini antara lain Dinas Kominfo-SP Gowa, Bapenda Gowa, Dinas Pendidikan Gowa, Dinas Sosial Gowa dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Gowa.

"Kita berharap dengan dilakukannya penandatanganan hari ini Kabupaten Gowa bisa lebih baik, maju, modern, dan akselerasi ekonomi semakin baik di masa yang akan datang karena sudah sangat mudah," harap Bupati Gowa.

Sementara, General Manager Telkom Witel Makassar, Nuryadin Salam menyampaikan ucapan terima kasih karena diberi kesempatan bekerjasama dengan Pemkab Gowa melalui penandatanganan MoU Implementasi Smart City dan juga Kick Off Trail Satu Data.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)