alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Sebelum ke Pasar Berbelanja, Perhatikan Hal Ini Agar Terhindar dari COVID-19

Luqman Zainuddin
Sebelum ke Pasar Berbelanja, Perhatikan Hal Ini Agar Terhindar dari COVID-19
Aktivitas jual beli di pasar pelelangan ikan Paotere Makassar, saat diabadikan beberapa waktu lalu. Foto: SINDOnews/Muctamir Zaide

JAKARTA - Potensi penyebaran COVID-19 di pasar cukup besar lantaran aktivitas jual beli yang melibatkan banyak orang. Untuk mencegah penularan, pemerintah membuat protokol kesehatan bagi pedagang dan pembeli.

Kendati demikian, ada baiknya para pembeli memperhatikan beberapa hal yang disampaikan Anggota Junior Doctor Network (JDN), dr Sarah Shyma ini agar terhindar dari COVID-19 saat berada di pasar.

Baca juga: Perlakuan Khusus Diterapkan di 12 Pasar Tradisional Kota Makassar



Dilansir dari laman Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Pusat, dr Sarah meminta agar pembeli memperhatikan kondisi kesehatannya sebelum ke pasar. Pembeli pun kata dia wajib menggunakan masker serta membuat catatan rencana perbelanjaan, supaya mempersingkat waktu belanja dan mengurangi risiko penularan COVID-19, karena tidak berlama-lama di luar rumah dan kontak fisik dengan orang lain.

"Yang paling penting sebelum kita ke pasar adalah kita harus dalam kondisi yang sehat, wajib menggunakan masker dan punya catatan apa yang akan dibeli untuk mempersingkat waktu serta mengurangi risiko infeksi karena kita tidak berlama-lama di pasar, jadi harus punya rencana sebelum ke pasar," jelas Sarah dalam dialog di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Sabtu 27 Juni lalu.

Sarah juga menyarankan pembeli untuk membawa tas belanja sendiri.

"Siapkan tas belanja untuk membawa barang-barang yang akan dibeli, selain kita bisa memastikan kebersihannya, kita juga dapat mengurangi penggunaan plastik," tambahnya.

Pembeli juga disarankan untuk membawa hand sanitizer, seandainya tempat cuci tangan di pasar sulit dijangkau. Hand sanitizer kata dia dapat digunakan setiap selesai melakukan transaksi yang menimbulkan sentuhan.

Terpenting kata Sarah, pembeli harus memiliki kesadaran untuk menjaga jarak. Jika kios yang ingin dikunjungi sudah terlihat banyak orang, bisa mengunjungi kios yang lain terlebih dahulu untuk menghindari kerumunan.

Baca juga: Agar Terhindar dari COVID-19 Saat Berada di Salon, Begini Saran Dokter Reisa

Setelah berbelanja di pasar, pembeli disarankan membersihkan diri terlebih dahulu, baru kemudian menata belanjaan.

"Sudah pasti ketika sampai di rumah harus membersihkan diri terlebih dahulu, dengan cuci tangan, mengganti baju dan mandi, baru setelah itu kita dapat menata barang atau bahan pangan yang kita beli. Untuk pembersihan barang seperti perabotan rumah tangga dapat disemprotkan disinfektan. Namun untuk bahan pangan seperti buah dan sayur dapat dicuci dengan air mengalir dan jika dimasak yang penting adalah higienitas dari kita memasak dan kematangannya bisa membunuh kuman," tutupnya.



(luq)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak