TOPIK TERPOPULER

Duh! Angka Pengangguran di Kota Makassar Masih Tinggi

Syamsi Nur Fadhila
Duh! Angka Pengangguran di Kota Makassar Masih Tinggi
Angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kota Makassar masih tinggi. Bahkan dalam skala Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar menjadi urutan pertama dengan angka TPT tertinggi. Foto/Ilustrasi

MAKASSAR - Angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Kota Makassar masih tinggi. Bahkan dalam skala Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar menjadi urutan pertama dengan angka TPT tertinggi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Sulawesi Selatan, angka TPT Makassar tahun 2021 sebanyak 13,18 persen. Angka ini turun dari tahun 2020 yang berada pada 15,92 persen. Kendati begitu, kondisi saat ini dinilai masih menjadi masalah.

Baca Juga: Angka Pengangguran di Kota Makassar Mulai Mengalami Penurunan

Anggota Komisi D DPRD Makassar, Ray Suryadi Arsyad, menilai Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) belum memiliki gagasan baru untuk menekan angka pengangguran.

Di samping mengupayakan pengangguran terserap ke dunia kerja di sektor formal, dia mengharapkan Disnaker aktif dalam peningkatan skill dan kapasitas masyarakat agar mampu mandiri.

"Disnaker perlu gagasan baru dengan membuat program yang bisa memberikan ketertarikan kepada anak muda untuk menggali potensi dirinya," ucap Ray.

Kata dia, Disnaker seharusnya menjadi wadah dalam menggali potensi dan kemampuan masyarakat. Hal itu dinilai lebih mudah untuk prospek yang lebih menjanjikan ke depan.

"Saya berharap Disnaker ini perlu diberikan semangat besar dari Pemerintah Kota Makassar baik nilai anggaran maupun program peningkatan sumber daya manusia," tuturnya.

Ray juga meminta Disnaker melakukan survei terhadap jenis pekerjaan yang ada di Makassar. Setelah itu, mendata jenis pekerjaan mana saja yang diminati oleh para pencari kerja.

"Kalau misalnya paling banyak diminati adalah UMKM, pemerintah kemudian menggali potensi mereka dengan memberikan gambaran soal memulai usaha," jelas dia.

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!