TOPIK TERPOPULER

Banyak Bermasalah, Kantor Kelurahan Dialihkan ke Posko Makassar Recover

Syamsi Nur Fadhila
Banyak Bermasalah, Kantor Kelurahan Dialihkan ke Posko Makassar Recover
Pemkot Makassar mengalihfungsikan sejumlah kontainer atau Recover Center menjadi kantor kelurahan sementara. Foto/Dok

MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mengalihfungsikan sejumlah kontainer atau Recover Center menjadi kantor kelurahan sementara.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Makassar, Helmy Budiman mengatakan, Posko Makassar Recover diperuntukkan sebagai kantor kelurahan lantaran sejumlah kantor kelurahan banyak yang bermasalah.

Salah satunya yang terjadi di wilayah Tidung, Kecamatan Rappocini. Kontainer difungsikan sebagai tempat berkantor sementara untuk pemerintah kelurahan dan untuk melayani masyarakat.

"Solusinya adalah kontainer Makassar Recover itu, itu yang difungsikan. Ini sekarang ada yang rusak berat di Tidung Rappocini, itu Lurahnya menggunakan Recover Center. Mereka tetap berkantor dan tidak ada masalah," ujarnya.

Baca Juga: Penempatan Kontainer Makassar Recover Dinilai Semrawut

Dia menyebutkan, saat ini ada sekitar 17 kantor kelurahan yang bermasalah. Bermasalah dalam artian ada yang rusak berat, ada yang digugat, ada yang kalah di pengadilan, hingga ada yang memang belum memiliki kantor permanen.

Perbaikan kantor kelurahan yang bermasalah itu rencananya akan diakomodir dalam penganggaran selanjutnya. Termasuk penganggaran untuk pengadaan kantor kelurahan yang baru, seperti di Kantor Kelurahan Maricaya, Kecamatan Makassar.

"Sudah ada kami siapkan anggarannya tahun depan untuk sekitar 13 kantor lurah. Data kami 17 sementara yang bermasalah bangunannya," jelasnya.

Rencananya, pembangunan kantor kelurahan yang bermasalah itu akan dimasukkan dalam Rancangan APBD Pokok tahun 2023 mendatang. Estimasi kebutuhannya masih diperhitungkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaaan Umum, Suhaelsi Zubir menyatakan, pihaknya sudah menerima banyak usulan terkait permintaan pembangunan kantor kelurahan dari pihak kelurahan terkait. Hanya saja, terkendala kejelasan status lahan.

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!