Tol Mamminasata Didepak dari Proyek Strategis Nasional

Jum'at, 05 Agustus 2022 - 11:15 WIB
loading...
A A A
Merujuk Permenko 9/2022, jumlah PSN jalan tol sebanyak 53 proyek. Sementara pada Permenko 7/2021 jumlah PSN jalan tol ada 56 proyek.

Dengan kata lain, ada tiga proyek jalan tol yang termasuk dalam PSN 2021 akan tetapi telah dikeluarkan dari daftar PSN terbaru 2022.



Ketiga jalan tol yang dimaksud meliputi Jalan Tol Semarang Harbour, Jawa Tengah, Jalan Tol Makassar-Maros-Sungguminasa-Takalar (Mamminasata), Sulawesi Selatan dam Jalan Tol Samarinda-Bontang, Kalimantan Timur.

Pengamat Pemerintahan Universitas Hasanuddin, Prof Deddy Tikson menyayangkan dikeluarkannya Tol Mamminasata dari PSN. Pasalnya, proyek infrastruktur jalan sangat berdampak besar bagi masyarakat.

"Proyek besar begitu kan tidak gampang dapatnya. Harusnya dimanfaatkan dengan baik oleh Pemprov. Rugi besar ini, kan Mamminasata itu sudah lama dirancang," ungkapnya.

Dia mengatakan, pembangunan jalan tol akan berpengaruh pada perkembangan wilayah dan peningkatan ekonomi serta meningkatkan mobilitas dan aksesibilitas orang dan barang.

"Kalau gagal, dampaknya nanti hubungan transportasi antara kabupaten kota ini akan semakin padat, semakin macet," tandasnya.

(agn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2007 seconds (0.1#10.140)