Kemensos Libatkan Berbagai Pihak Kuatkan Ekonomi Keluarga Nayla

Sabtu, 06 Agustus 2022 - 18:54 WIB
loading...
Kemensos Libatkan Berbagai Pihak Kuatkan Ekonomi Keluarga Nayla
Penyerahan bantuan kambing kepada keluarga Nayla di Kabupaten Bulukumba, Sabtu (6/8/2022). Foto: Istimewa
A A A
BULUKUMBA - Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Sentra Wirajaya di Makassar, kembali melakukan intervensi lanjutan terhadap keluarga Nayla, bayi penderita infeksi otak yang sempat mengalami koma.

Kali ini intervensi yang dilakukan melibatkan para pihak, baik Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) , Dinas Sosial Bulukumba, Relawan Sosial Mandiri, serta Pemerintah Desa Caramming Kabupaten Bulukumba.

Baca Juga: Baznas Kabupaten Bulukumba
Jenis bantuan usaha jualan campuran dan usaha ternak kambing yang diberikan kepada keluarga Nayla merupakan hasil reasesmen yang dilakukan sebelumnya oleh petugas Sentra Wirajaya, terkait dengan pengembangan kewirausahaan dan penguatan ketahanan ekonomi keluarga Nayla.

Plt Kepala Sentra Wirajaya, Bambang Tri Hartono menganggap bahwa penanganan respons kasus bayi Nayla merupakan contoh kolaborasi yang baik antara beberapa pihak.

Baca Juga: Kementerian Sosial RI
“Mudah-mudahan bantuan ini bisa mendorong kemandirian ekonomi keluarga Nayla, saya beserta aparatur Desa Caramming siap memberikan pendampingan dalam pengelolaan usaha keluarga Nayla,” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Bustan Kadir yang turut hadir mewakili pihak Baznas Bulukumba .

“Bantuan ini harus berkembang dengan pengelolaan yang profesional. Pihak Baznas akan melakukan pemantuan secara berkala atas pengembangan bantuan usaha yang dilterima oleh keluarga Nayla,” tegas Bustan.

Pada awal Mei sampai awal Juni 2022, Kementerian Sosial RI melalui Sentra Wirajaya di Makassar telah merespons dan melakukan intervensi terhadap kasus bayi Nayla. mulai dari pendampingan perawatan medis di Rumah Sakit Umum Wahidin Sudirohusodo Makassar.

Baca juga:Sambangi Kemensos, Delegasi Nigeria Belajar Sistem Perlindungan Sosial

Begitupun dengan bantuan penyelesaian tagihan perawatan Nayla sebagai pasien umum. Pihak Sentra Wirajaya juga memberikan bantuan Atensi (Asistensi Rehabilitasi Sosial) berupa pemenuhan nutrisi dan kebutuhan dasar. Termasuk bantuan akomodasi dan uang saku bagi orang tua Nayla selama Nayla dirawat di rumah sakit.

Saat ini, kondisi Nayla perlahan sudah membaik, dan diperbolehkan untuk Kembali kerumahnya. Pihak rumah sakit merekomendasikan untuk dilakukan chek up terhadap kondisi Kesehatan Bayi Nayla sekali dalam sebulan.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1526 seconds (0.1#10.140)