Grup B berlaga di bekas makam

Rabu, 06 Juni 2012 - 12:22 WIB
Grup B berlaga di bekas makam
Grup B berlaga di bekas makam
A A A
Sindonews.com - Apa jadinya jika Piala Eropa 2012 dimainkan di stadion bekas kuburan? Aneh, tapi itulah yang akan dihelat di Metalist Stadium, Ukraina.

Babak penyisihan Grup B bakal dimainkan di stadion yang masuk wilayah Kota Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina setelah ibu kota Kiev. Metalist Stadium yang terletak lima kilometer sebelah utara Kota Kharkiv, dibangun pertama kali pada tahun 1925 atas perintah Ketua Presidium Uni Soviet Anastas Mikoyan di lokasi yang dahulunya digunakan sebagai pemakaman. Stadion resmi dibuka 12 September 1926 juga dikenal dengan sebutan Traktor.

Karena pada saat itu pembangunannya disponsori oleh perusahaan Traktor lokal. Sebelum Perang Dunia II stadion berganti nama menjadi Stadion Dzerzhynets untuk menghormati Felix Dzerzhinsky yang merupakan seorang pemimpin pertama di kota tersebut. Di tahun 1967 kapasitas stadion baru mencapai 10.000 kursi. Metalist Stadium telah mengalami empat kali renovasi sepanjang sejarah.

Berbagai perombakan dilakukan agar stadion tersebut layak digunakan untuk penyelenggaraan Piala Eropa tahun ini. Pada tahun 1960 bagian barat stadion direnovasi, selanjutnya pada tahun 1970 dan empat tahun berikutnya terjadi pembangunan di tribun utara dan selatan.

Kapasitas stadion pun bertambah menjadi 30.000. Arsitek yang menangani proyek tersebut adalah Yu Tabakova.Tabakova juga menambahkan berbagai fasilitas antara lain sitem drainase, lampu sorot, ruang informasi dan sebuah hotel yang terletak di sisi utara stadion. Renovasi ketiga dimulai pada tahun 1979 yang fokus merenovasi tribun timur dan selatan tetapi proyek tersebut berjalan sangat lambat dan baru selesai tiga dekade kemudian. Pembongkaran tribun selatan juga dilakukan pada tahun itu. Namun setelah itu pembangunan dihentikan.

Pembangunan kembali dilanjutkan pada tahun 1998 setelah tertunda hampir dua puluh tahun. Tribun timur dan tribun selatan kembali didirikan. Pada renovasi tahap keempat set keempat perbaikan benarbenar dilakukan secara menyeluruh agar siap digunakan untuk Piala Eropa 2012.Tribun selatan telah selesai dan tribun timur benar-benar baru dibangun serta bagian atap stadion juga diperbaiki. Stadion tersebut mengalami banyak perubahan dan perbaikan estetika yang diselesaikan pada akhir 2009. Pada tanggal 5 Desember 2009, stadion hasil renovasi resmi dibuka bertepatan dengan hari ulang tahun ke-50 Presiden Metalist Kharkiv Oleksandr Yaroslavsky.

Pada bagian selatan stadion didirikan pusat perbelanjaan dan pusat bisnis yang bernama “Metalist-Arena”. Selain itu juga didirikan banyak ruangan yang disewakan oleh perusahaan perbankan UkrSibbank dan bank lain. Stadion yang berjuluk The Spider Arena tersebut akan menggelar pertandingan penyisihan Grup B yang diisi Belanda, Jerman, Portugal dan Denmark.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4001 seconds (0.1#10.140)