alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Kabupaten Luwu Utara Targetkan 1.186 Akseptor KB

Tim SINDOnews
Kabupaten Luwu Utara Targetkan 1.186 Akseptor KB
Bupati Luwu Utara saat menghadiri kegiatan Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Serentak Sejuta Akseptor. Foto/Istimewa

MASAMBA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara (Lutra) melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB), melaksanakan kegiatan Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Serentak Sejuta Akseptor, Senin (29/6/2020). Kegiatan itu dipusatkan di Puskesmas Pembantu (Pustu) Salulemo, Kecamatan Baebunta.

Kegiatan Pelayanan KB Serentak digelar dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVII. Turut hadir Bupati Lutra, Indah Putri Indriani (IDP), sekaligus membuka secara resmi kegiatan itu di wilayahnya yang juga digelar secara serentak di 12 kecamatan, baik di Pustu maupun di Puskesmas.

Pemerintah Republik Indonesia sendiri menargetkan sejuta akseptor dalam Gerakan Pelayanan KB Serentak di seluruh Indonesia. Untuk mewujudkan target tersebut, Kabupaten Luwu Utara diberi target 1.186 akseptor model alakon dengan berbagai jenis alat kontrasepsi, seperti IUD, implant, suntik, pil dan kondom.



Bupati Lutra, Indah Putri Indriani, dalam sambutannya mengatakan bahwa program pembangunan keluarga berencana telah berjalan dengan sangat baik di daerahnya. Hal itu ditandai dengan dilakukannya proses edukasi kepada seluruh masyarakat terkait pembangunan keluarga berencana dan keluarga sejahtera.

Baca Juga: Optimalkan Kinerja, Penyuluh KB di Maros Dapat Fasilitas Sepeda Motor

“Secara bertahap kita terus memberikan pemahaman bahwa pembangunan keluarga berencana bukan hanya tentang pemasangan alat kontrasepsi, tetapi juga bagaimana merencanakan setiap tahapan dalam kehidupan melalui pendekatan keluarga sebagai kelompok terkecil dalam kehidupan di masyarakat,” kata Bupati Indah.

Olehnya itu, kata dia, program pembangunan KB dan pengendalian penduduk harus betul-betul dipahami oleh masyarakat. “Kita berharap masyarakat semakin memahami tentang pentingnya merencanakan sejak dini apa yang ingin dilakukan saat berkeluarga, mulai pernikahan, merencanakan anak sampai merencanakan masa depan anak,” jelasnya.

Dirinya pun berharap seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Lutra untuk bahu-membahu membantu menyukseskan program pemerintah ini agar dapat terlaksana dengan baik. “Sesungguhnya tanggung jawab menghadirkan KB yang terencana serta keluarga yang sejahtera dan bahagia adalah tanggung jawab bersama,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala DP2KB, Marhani Katma, mengatakan bahwa peringatan Harganas XXVII di Luwu Utara dimulai dengan pelaksanaan kerja bhakti di semua Kampung KB yang telah dibentuk, yakni 33 Kampung KB. “Hasil kegiatan pelayanan KB ini akan kita laporkan secara daring ke BKKBN Pusat mulai pagi sampai sore nanti,” tandasnya.

Baca Juga: Sosialisasi COVID-19 Didorong Masuk dalam Program Penyuluh KB



(tri)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak