TOPIK TERPOPULER

Pelaku Pembunuhan Sadis di Sinjai Divonis Penjara Seumur Hidup

Irman Bagoseng
Pelaku Pembunuhan Sadis di Sinjai Divonis Penjara Seumur Hidup
Pelaku pembunuhan pelajar di Kabupaten Sinjai divonis penjara seumur hidup. Foto: SINDOnews/Ilustrasi

SINJAI - Pelaku pembunuhan Andi Muhammad Yusuf divonis hukuman penjara seumur hidup. Vonis tersebut dijatuhkan Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Sinjai, Selasa (9/8/2022).

Hukuman penjara seumur hidup dijatuhkan kepada Andi Muhammad Yusuf yang bertindak sebagai eksekutor. Sementara tiga pelaku lainnya, SY (23), HJ (20) dan KP (20) dijatuhi hukuman 15 tahun penjara.

Baca juga: Pelaku Pembunuhan Sadis Dituntut 15 Tahun, Keluarga Korban Belum Puas

"Sangat setimpal hukumannya, kami (keluarga korban) mengapresiasi Hakim Pengadilan Negeri Sinjai. Karena dengan pertimbangan lain tentunya hakim telah memberikan rasa keadilan kepada kita dengan vonis yang dijatuhkan kepada terdakwa," kata Andi Iwan Setiawan Yahya perwakilan keluarga korban, Rabu (10/8/2022).

Dia menganggap, Majelis Hakim PN Sinjai yang diketuai Sigit Susanto betul-betul melihat dari fakta yang ada.

"Putusan hakim tersebut menjadi harapan kami, bahwa telah mengetok palu keadilan bagi kami. Para pemerhati yang mengikuti persidangan ini juga turut mengapresiasi dengan putusan tersebut," jelasnya.

Pernyataan keluarga Almarhum ini juga dikarenakan beberapa hari sebelumnya sempat melakukan jumpa pers. Mereka tidak puas atas dakwaan pelaku oleh Kejaksaan Negeri Sinjai dalam hal ini Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Pasalnya, para terdakwa hanya dituntut 15 tahun penjara. Padahal menurut keluarga, Pasal 340 KUHP terkait pembunuhan berencana yang menjadi dakwaan alternatif pertama yang merupakan inti dalam surat dakwaan justru tidak dijadikan sebagai dasar tuntutan JPU.

Baca juga: Polisi Tangkap Pria yang Gorok Leher Istri Sendiri di Sinjai

"Namun tentu Hakim berpendapat lain, sehingga menjatuhkan vonis seumur hidup sesuai dengan tuntutan keluarga yakni Pasal 340 KUHP itu," ujarnya.

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!