TOPIK TERPOPULER

Daftar Lewat Jalur Prestasi, Calon Siswa Wajib Lampirkan Surat Ini

Vivi Riski Indriani
Daftar Lewat Jalur Prestasi, Calon Siswa Wajib Lampirkan Surat Ini
PPDB di Kota Makassar juga akan membuka jalur prestasi. Foto/SINDOnews/Muchtamir Zaide

MAKASSAR - Meski telah memiliki sertifikat sebagai tanda bukti pernah menang atau ikut terlibat dalam kejuaraan, namun calon peserta didik yang ingin mendaftar melalui jalur prestasi wajib menyertakan surat keterangan dari panitia penyelenggara.

Hal itu ditegaskan Plt Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Amelia Malik. Dia menerangkan surat itu sebagai bukti legalitas terhadap kejuaraan yang dilakukan oleh panitia penyelenggara.

"Kalau legalisir bisa saja (curang), tidak bisa menjamin. Tapi kalau panitia penyelenggara tidak mungkin mengeluarkan surat keterangan kalau itu tidak benar," tegas Amelia, Senin (29/6/2020).



Surat ini, kata Amel hanya diperuntukkan bagi jalur prestasi non akademik. Sedangkan jalur prestasi akademik penilaiannya didasarkan pada akumulasi nilai rapor lima semester terakhir.

Baca Juga: PPDB untuk SD dan SMP di Makassar Ditunda hingga Awal Juli

"Jalur prestasi itu kuotanya 10%. Masing-masing 5% untuk akademik dan non akademik," tuturnya.

Jika kuota jalur non akademik tidak terpenuhi maka sisa kuota akan dialihkan ke jalur akademik. Namun, jika akumulasi jalur prestasi tidak terpenuhi maka sisa kuota akan dialihkan ke jalur zonasi.

Diketahui, khusus jalur zonasi, pendaftarannya baru dibuka pada 1 Juli hingga 3 Juli 2020, dan hasilnya diumumkan sshari setelah pendaftaran, 4 Juli 2020. Calon peserta didik yang dinyatakan lulus melalui jalur zonasi wajib mendaftar ulang mulai 5 Juli hingga 6 Juli 2020.

Sedangkan jalur non zonasi baru akan dibuka pada 6 Juli hingga 7 Juli 2020 nanti. Calon peserta didik yang dinyatakan lulus akan diumumkan pada 8 Juli 2020. Mereka pun wajib melakukan pendaftaran ulang mulai 9 Juli sampai 11 Juli.

Baca Juga: PPDB SMP, Disdik Siapkan Kuota 10 Persen untuk Jalur Prestasi



(tri)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!