TOPIK TERPOPULER

Pelaku Setubuhi 3 Anak di Luwu Terancam Hukum Mati

Chaeruddin
Pelaku Setubuhi 3 Anak di Luwu Terancam Hukum Mati
Kapolres Luwu, AKBP Arisandi didampingi Kasat Reskim, AKP Jon Paerunan dan Kanit PPA, memperlihatkan barang bukti kasus cabul seorang ayah di Luwu kepada 3 orang anaknya. Foto: SINDOnews/Chaeruddin

LUWU - IL (46), pelaku yang menyetubuhi 3 anaknya di Luwu terancam hukuman mati. Tersangka dikenakan pasal 81 ayat 5 dalam hal tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam pasal 76D UU 35/2014 tentang Perlindungan Anak.

"Dalam pasal ini disebutkan, menimbulkan korban lebih dari 1 orang mengakibatkan luka berat, gangguan jiwa, pelaku dipidana mati, seumur hidup atau dipidana paling singkat 10 tahun dan paling lama 20 tahun," ujar Kapolres Luwu, AKBP Arisandi, Rabu, (10/8/2022).

Baca juga: Remaja 18 Tahun Setubuhi Anak di Bawah Umur di Kamar Penginapan

Selain sangkaan pasal 76D, penyidik Polres Luwu juga menerapkan pasal 81 ayat (3) dalam hal tindak pidana sebagaimana ayat 1 yang dilakukan oleh orang tua, pidananya ditambah 1/3 dari ancaman sebagaimana dimaksud pada ayat 1

"Di mana pasal 81 ayat (1) jo 76D dengan kekerasan atau ancaman kekerasan memaksa anak kandungnya melakukan persetubuhan dengannya dan atau dengan sengaja membujuk anak melakukan persetubuhan dengannya diancam dengan pidana paling singkat 5 tahun dan paling lama 15 tahun," lanjut Arisandi.

Polres Luwu dalam pekan ini akan melimpahkan kasus ini ke Jaksa Penuntut Umum, JPU Kejaksaan Negeri, Kejari Luwu.

"Penyidik Reskrim Polres Luwu telah menangani kasus setubuh anak kandung lebih dari 1 anak korbannya, dilakukan dengan kekerasan atau ancaman kekerasan dan berulang kali. Pelaku IL sudah ditetapkan tersangka dan ditahan sejak 15 April 2022," ungkapnya.

Baca juga: Terlalu Polos, Ibu dan 2 Anak Perempuannya Rela Disetubuhi Dukun Secara Bergiliran

Kasat Reskrim Polres Luwu, AKP Jon Paerunan menambahkan, diketahui IL seorang Bapak di Kabupaten Luwu tega setubuhi 3 anaknya selama 4 tahun, sejak tahun 2018 hingga 2022. Mirisnya aksi setubuhi 3 anaknya tersebut terjadi di rumahnya sendiri.

Tersangka menyetubuhi anaknya secara bergantian mulai saat anaknya masih SMP, hingga tamat SMA. Aksi bejat ini lama terungkap karena terdakwa mengancam bahkan memukuli anaknya sebelum dan sesudah disetubuhi.

halaman ke-1
TULIS KOMENTAR ANDA!