TOPIK TERPOPULER

Dekan FKIP UIM Kawal Ketat Audit Mutu Akademik Prodi

Tim SINDOnews
Dekan FKIP UIM Kawal Ketat Audit Mutu Akademik Prodi
Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Makassar (UIM), Badruddin, mengawal ketat pelaksanaan mutu akademik dan mutu internal pada program studi (prodi) lingkup FKIP UIM. Foto/Istimewa

MAKASSAR - Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Makassar (UIM), Badruddin, mengawal ketat pelaksanaan mutu akademik dan mutu internal pada program studi (prodi) lingkup FKIP UIM. Langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk komitmen meningkatkan mutu akademik di FKIP UIM.

Pada kesempatan ini, Badruddin Kaddas, mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan Badan Penjaminan Mutu Internal (BPMI) UIM dalam melaksanakan audit mutu akademik dan mutu internal di FKIP UIM.

Baca Juga: Perpustakaan UIM Diharap Jadi Percontohan Nasional

"Kegiatan audit sangat kita harapkan dari BPMI. Hal itu penting dilakukan untuk mengetahui proses akademik dan proses mutu internal yang telah dilaksanakan di setiap prodi di lingkup FKIP UIM," ungkap Badruddin, usai proses audit yang dilakukan, Kamis (11/8/2022).

Ia mengimbuhkan audit ini sangat diperlukan untuk menjadi bahan refleksi untuk senantiasa meningkatkan mutu dan kualitas di lingkup FKIP UIM. Sesuai pasal 52 ayat (2) UU Dikti disebutkan bahwa penjaminan mutu dilakukan melalui lima langkah utama yang disingkat PPEPP, yaitu Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi (pelaksanaan), Pengendalian (pelaksanaan), dan Peningkatan Standar Dikti.

Kelima langkah utama penjaminan mutu tersebut telah diupayakan untuk diimplementasikan di lingkup FKIP UIM. Oleh sebab itu, pihaknya berharap melalui proses audit ini dapat memberikan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti dalam mengembangkan berbagai program sehingga PPEPP bisa terealisasi sesuai yang diharapkan, yang tentunya untuk memacu pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Khusus UIM.

Ketua Tim Audit Saripuddin Muddin yang juga sebagai Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat LP2M UIM pada saat pembukaan audit menyatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai amanah dari BPMI dan telah ditetapkan oleh pimpinan Perguruan Tinggi. Dia mengharapkan bahwa kegiatan ini hanya ingin mengetahui sejauh mana kegiatan akademik yang telah dilaksanakan di FKIP UIM.

"Kita sharing saja dan segala hal yang menjadi temuan akan dilaporkan secara tertulis dan akan menjadi tindaklanjut dari pimpinan, sebagai bahan evaluasi dan tindak lanjut dalam mewujudkan proses akademik yang berkualitas di UIM," tuturnya.

Baca Juga: UIM Sinergi Universitas Patria Artha dan SOIna Dukung Disabilitas

Sarifuddin menambahkan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan selama satu pekan mulai 8 hingga 13 Agustus. Diharapkannya dapat diselesaikan dalam waktu yang singkat. Sehingga efektivitas pekerjaan bisa terwujud dan hasil yang diharapkan bisa tercapai sesuai dengan apa yang diharapkan.

Tim audit beranggotan empat orang, di antaranya yakni ketua tim Syarifuddin Mundin, didampingi Andi Kasirang T. Baso, Nurul Fuady Fitriani, dan Asti Irawati Azis. Turut hadir dalam audit tersebut Dekan FKIP UIM Badruddin Kaddas, beserta jajarannya yakni Ketua Prodi PGSD Erwin Nurdiansyah, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Jusmaniar, Ketua Prodi PG-PAUD Nasaruddin R, Ketua Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Erniati.



(tri)

TULIS KOMENTAR ANDA!