TOPIK TERPOPULER

Bangun Jiwa Entrepreneur Mahasiswa, IAIN Bone Gandeng Pegadaian dan HIPMI

Justang Muhammad
Bangun Jiwa Entrepreneur Mahasiswa, IAIN Bone Gandeng Pegadaian dan HIPMI
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone melakukan kerja sama dengan menggandeng HIPMI Perguruan Tinggi Sulawesi dan PT Pegadaian. Foto/SINDOnews/Justang Muhammad

BONE - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bone melakukan kerja sama dengan menggandeng HIPMI Perguruan Tinggi Sulawesi dan PT Pegadaian. Kegiatan yang mengusung tema 'Cara Mudah Menjadi Pengusaha Bersama Pegadaian' itu digelar di Aula Utama IAIN Bone, Rabu (10/8/2022).

Hadir sebagai narasumber yakni pengusaha muda Khairul Anam yang juga Ketua HIPMI Perguruan Tinggi Sulawesi, Iwan Darmawan selaku Senior Manager PT Pegadaian Area Bantaeng dan Muhammad Abdi Buhasyim selaku Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis IAIN Bone.

Baca Juga: Bupati Bone Lepas 340 Rombongan Jamaah Calon Haji BoneĀ 

"Mahasiswa itu harus memiliki kemampuan atau skill, dan tidak hanya berorientasi hanya ingin menjadi PNS. Mahasiswa harus punya jiwa entrepreneur, bermental kuat dan berkepribadian yang baik, sehingga dapat memberikan kontribusi yang baik kepada perkembangan masyarakat," ujar Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI) IAIN Bone, Astuti, dalam keterangan persnya, Kamis (11/8/2022).

Sementara itu, Wakil Rektor II Hasbi Sidik menyampaikan agar mahasiswa dituntut untuk kreatif dalam menciptakan lapangan kerja. "Saat ini kegiatan pada bidang kewirausahaan lebih tepat dilakukan. Karenanya mahasiswa dituntut kreatif dan berinovasi, mampu menciptakan lapangan kerja. Salah satu simbol negara maju itu kalau jenis usaha meningkat," ungkapnya.

Ketua HIPMI Perguruan Tinggi Sulawesi, Khairul Amran, memaparkan kunci yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha. "Ada beberapa hal atau skill yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha yaitu manajemen skill yang rapi, networking baik dan luas, marketing skill yang kreatif, mampu menggunakan ketersediaan SDA dan SDM," kata Khairul yang juga Ketua PPP Bone ini.

"Dan yang paling penting, usaha yang dilakukan itu juga merupakan upaya untuk mendapatkan pahala dan ridha dari Allah SWT," sambung Khairul.

Baca Juga: Dosen IAIN Bone Terpilih Aklamasi Sebagai Ketua Tanfidziyah PCNU Bone

Pada kesempatan ini juga dilakukan penandatanganan kerja sama (MoU) antara Fakultas Ekonomi Bisnis IAIN Bone dengan Pegadaian dan HIPMI Perguruan Tinggi Sulawesi.

Hadir pada kegiatan ini yakni Wakil Dekan FEBI, Direktur Pascasajana IAIN Bone, Kabag FEBI, para Kepala Prodi dan Sekpro FEBI, para Dosen lingkup FEBI, mahasiswa PT Sulawesi, mahasiswa Universitas Islam Muhammadiyah (UNIM) dan mahasiswa FEBI IAIN Bone.



(tri)

TULIS KOMENTAR ANDA!