Kesmas Sinjai Monitoring Cakupan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat

Kamis, 11 Agustus 2022 - 17:24 WIB
loading...
Kesmas Sinjai Monitoring Cakupan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat
Mencuci tangan dengan sabun masuk dalam salah satu dari lima pilar STBM. Foto: SINDOnews/Ilustrasi
A A A
SINJAI - Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai menggelar pertemuan serta monitoring dan evaluasi percepatan Open Defecation Free (ODF) dan Lima Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), Selasa (11/8/2022).

Kegiatan ini berlangsung di Aula Pertemuan IFK Dinkes Sinjai. Diikuti masing-masing penanggung jawab sanitarian seperti Kesehatan Kerja, Lingkungan dan Olahraga masing-masing Puskesmas se-Kabupaten Sinjai.



"Kami berharap para petugas sanitarian agar lebih bekerja keras lagi, terutama untuk persiapan verifikasi Kabupaten/Kota Sehat, karena hampir sebagian besar atau 80 persen data-data yang diminta dan menjadi indikator di tatanan Kabupaten/Kota Sehat itu ada di kesehatan lingkungan," jelasnya.

Mantan Kepala Puskesmas Balangnipa ini juga menjabarkan, STBM diselenggarakan dengan berpedoman pada lima pilar, yaitu stop buang air besar sembarangan (Stop BABS) atau open defecation free (ODF), cuci tangan pakai sabun (CTPS), mengelola air minum dan makanan yang aman.

Kemudian, mengelola sampah dengan benar, dan mengelola limbah cair rumah tangga dengan aman.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1871 seconds (0.1#10.140)